POPULAR STORIES

Layanan Mobile Reader Mampu Pangkas Waktu Transaksi Di Jalan Tol

Layanan Mobile Reader Mampu Pangkas Waktu Transaksi di Jalan Tol Layanan transaksi mobile reader (istimewa)

KabarOto.com - Berdasarkan hasil evaluasi saat musim mudik Lebaran tahun ini berjalan lancar. Kelancaran tersebut selain didukung oleh sinergi lintas sektoral yang optimal, juga dipengaruhi faktor lain, yakni kelancaran transaksi di gerbang tol.

Inovasi Jasa Marga dalam mempercepat transaksi tol saat arus mudik dan balik Lebaran terbukti melalui penggunaan mobile reader.

Mobile reader merupakan upaya peningkatan kapasitas gardu yang sudah ada, baik pada sistem transaksi terbuka maupun sistem transaksi tertutup. Produk ini terbukti mampu memangkas waktu transaksi.

Baca juga: Menhub Apresiasi Upaya Jasa Marga Tanggulangi Arus Balik Lebaran 2018

Sebagai perbandingan, biasanya per satu gardu existing membutuhkan waktu 4—5 detik per transaksi. Dengan penggunaaan mobile reader dalam durasi waktu yang sama bisa melayani tiga kendaraan sekaligus.

Pada arus mudik dan balik libur Lebaran tahun 2018, penggunaan mobile reader terbukti efektif. Pada saat arus balik di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, sejumlah 15 unit mobile reader dioperasikan di GT Cikarang Utama, sehingga kapasitas transaksi di GT Cikarang Utama dapat menampung seluruh kendaraan yang datang, walaupun jumlah kendaraan jauh melebihi kondisi normal.