POPULAR STORIES

Lebih Lengkap Tentang Mobil Listrik Kia EV6 GT

Lebih Lengkap Tentang Mobil Listrik Kia EV6 GT Foto: Netcarshow

KabarOto.com - PT Kreta Indo Artha (KIA) selaku agen pemegang merek dan distributor mobil merek Kia di Indonesia, telah memasarkan secara resmi mobil listrik Kia EV6 GT. Ini merupakan varian atas dari EV6, dan menggendong teknologi masa kini.

Desain EV6 GT menghadirkan sesuatu yang berbeda di kelas crossover serba listrik, dengan eksterior yang khas dan berdampak lengkap dengan fitur teknologi tinggi yang halus. Yang memengaruhi semua aspek gaya EV6 GT adalah filosofi desain 'Opposites United' Kia, yang mengambil inspirasi dari kontras yang ditemukan di alam dan kemanusiaan. Prinsip desain filosofi 'Power to Progress' sangat sesuai dengan karakter sport GT dengan mengekspresikan kekuatan dan kecepatan dinamis crossover di samping elemen kontras, menghasilkan estetika yang benar-benar inovatif.

Baca juga: Resmi Dipasarkan Di Indonesia, Intip Spesifikasi Kia EV6 GT-Line

Di bagian depan, Kia EV6 GT langsung menciptakan kesan visual yang abadi. Ciri khas Kia 'Digital Tiger Face' mencakup lampu depan LED adaptif dan indikator belokan berurutan yang dinamis, sementara spatbor berotot dan kap mesin clamshell baru yang menampilkan garis-garis karakter menonjolkan tampilan EV6 GT yang bertenaga. Bumper depan baru, unik untuk GT, membantu menonjolkan lebar kendaraan dan pendirian yang stabil.

Profil sisi aerodinamis EV6 GT menampilkan serangkaian garis karakter menonjol yang menambah kekuatan dan definisi, sementara garis atap yang 'cepat' dan pilar C yang landai menciptakan siluet crossover yang ramping. Karakter sporty kendaraan ini juga dikomunikasikan melalui satu set pelek lima palang 21 inci yang unik untuk Kia EV6 GT, sementara kaliper rem neon yang mencolok memberi sinyal tenaga pengereman yang luar biasa. Di bagian belakang, spoiler aero, lampu belakang LED yang mencolok, serta bumper dan diffuser yang unik melengkapi transformasi GT.

EV6 GT menampilkan kabin yang menggabungkan kesan sporti dengan kenyamanan dan kepraktisan. Penumpang disambut oleh satu set kursi bucket berlapis suede yang memberikan dukungan penuh saat berkendara dengan semangat, serta kenyamanan jarak jauh untuk perjalanan jauh. Sisipan logam bertuliskan moniker 'GT' dan pipa hijau neon menambah tampilan kontemporer dan teknis jok. Seluruh kabin dilengkapi dengan material premium, sementara sentuhan yang terinspirasi dari olahraga menciptakan suasana yang bermakna. Motif bergaris menghiasi fasia atas dan sandaran tangan tengah depan, sementara pencahayaan sekitar di panel pintu, konsol tengah, dan dasbor GT memberikan cahaya yang menenangkan saat berkendara di malam hari.

Layar infotainment 12,3 inci melengkung ganda menghadirkan semua fungsi berkendara, konektivitas, dan hiburan dalam kejernihan yang sangat tajam, dan bahasa bentuk sederhana dari layar lebar dan dasbor yang disejajarkan secara horizontal memberikan nuansa interior yang mewah dan berteknologi tinggi. Roda kemudi palang dua yang ergonomis mencakup pemilih Mode Drive GT baru yang berdedikasi, memungkinkan pengemudi untuk dengan mudah mengakses dan menyesuaikan pengalaman berkendara mereka.

Baca juga: Kia EV6 GT-Line Resmi Dibanderol Rp 1,299 Miliar

Powertrain listrik saja berarti EV6 GT adalah mobil yang pada dasarnya senyap saat beroperasi, bahkan pada kecepatan yang lebih tinggi. Tanpa suara yang berasal dari mesin pembakaran internal, tim teknik Kia bekerja keras untuk meredam kebisingan yang tidak akan diketahui. Namun, untuk memberi pengemudi dan penumpang rasa yang lebih tinggi dari kemampuan performa mobil, EV6 GT mendapatkan fitur Active Sound Design yang menyediakan augmentasi suara yang dipilih melalui sistem audio performa tinggi Meridian yang sesuai standar. Penghuni dapat mengatur karakter dan volume suara yang dihasilkan agar sesuai dengan preferensi mereka.

Manfaat interior dari penerapan arsitektur kendaraan listrik khusus Kia, E-GMP. Terlepas dari dimensi eksterior Kia EV6 GT yang ringkas, jarak sumbu roda 2.900 mm dan lantai datar menghasilkan ruang kabin yang mirip dengan banyak SUV ukuran sedang, memberikan kemampuan tur jarak jauh yang luar biasa. EV6 GT menawarkan pengemasan interior yang cerdas dan fleksibel serta area penyimpanan kabin yang berlimpah, termasuk ruang bagasi 480 liter (VDA) dengan kursi baris kedua terpasang - ideal untuk perjalanan keluarga. Dengan kursi baris kedua dilipat, kapasitas penyimpanan meningkat menjadi 1.260 liter. Mobil ini juga dilengkapi dengan bagasi depan yang menyediakan ruang penyimpanan tambahan 20 liter.

Baca juga: Tiga Varian Kia EV6 Mendarat Di Australia, Harga Mulai Rp702 Jutaan

Powertrain dual-motor EV6 GT berperforma tinggi dan berteknologi tinggi, telah dirancang khusus untuk menghadirkan pengalaman berkendara yang bertenaga dan progresif. Penggerak disalurkan ke keempat roda untuk mengoptimalkan traksi dan mengalirkan tenaga dengan mulus, bahkan dalam kondisi cuaca yang paling menantang sekalipun.

Motor yang dipasang di roda depan sama seperti yang ditemukan pada AWD EV6 standar, menghasilkan 160 kW (215 dk) pada 4.400 hingga 9.000 rpm. Kemudian di roda belakang juga dilengkapi motor listrik bertenaga 270 kW (362 dk) pada 6.800 hingga 9.400 rpm, untuk menghasilkan output daya gabungan sebesar 430 kW (577 dk) dan torsi 740 Nm.

Total output tenaga EV6 GT luar biasa 80% lebih tinggi daripada varian EV6 paling bertenaga berikutnya, model motor ganda AWD, yang memiliki tenaga 239 kW / 320 dk dan torsi 605 Nm (gabungan motor depan dan belakang) .

Tenaga dan traksi yang dihasilkan oleh motor ganda, tata letak all-wheel drive Kia EV6 GT memungkinkan kinerja yang benar-benar gemilang. GT dapat berakselerasi dari 0-100 kpj hanya 3,5 detik, menjadikannya Kia tercepat yang pernah ada dan mencapai kecepatan tertinggi 260 kpj.

Di Indonesia, Kia EV6 GT dipasarkan dengan harga Rp 1,299 miliar (On-The-Road Jakarta) dan sudah termasuk Wall Charger untuk rumah. PT KIA menargetkan pengiriman unit untuk konsumen dapat dilaksanakan mulai kuartal pertama 2023.