POPULAR STORIES

Liat Nih! Teknologi Pengisian Listrik Dan Parkir Canggih Buatan Hyundai

Liat Nih! Teknologi Pengisian Listrik dan Parkir Canggih Buatan Hyundai Hyundai Le Fil Rouge Concept (ist)

KabarOto.com - Kemajuan teknologi khususnya pada kendaraan listrik rasanya begitu cepat, seakan tak terbendung lagi. Baru saja kita dibuat terpukau dengan adanya mobil otonom, namun kini Hyundai Motor Company dan Kia Motors Corporation telah mempersiapkan kendaraan otonom tingkat 4.

Bisa dibilang, mobil konsep ini teramat cangih dan diklaim akan membuat hidup lebih mudah bagi pengguna Electric Vehicle di masa depan, yang tak terbayangkan oleh kita sebelumnya. Dalam video yang diluncurkan Hyundai, dibintangi oleh Le Fil Rouge Concept, menampilkan sistem pengisian nirkabel kendaraan listrik yang terkoneksi dengan automatic valet parking system (AVPS).

Mencari parkir dengan sistem AVPS

Sistem ini dibuat sebagai langkah antisipasi oleh Hyundai, dimana dalam waktu tak lama lagi diperkirakan tempat parkir dan lokasi pengisian daya akan penuh sesak, karena jumlah kendaraan listrik terus bertambah.

Baca Juga: Heboh Mitsubishi Xpander Nyangkut Saat Libas Medan Off-Road

Cara kerjanya adalah mengarahkan kendaraan secara otonom ke stasiun pengisian nirkabel yang kosong. Ketika kendaraan terisi penuh, ia akan pindah dari tempat pengisian ke tempat parkir kosong lainnya menggunakan AVPS. Sehingga memungkinkan mobil listrik lain yang sedang menunggu untuk mengisi daya.

Kendaraan dayanya kosong akan secara otomatis berjalan ke stasiun pengisian nirkabel yang kosong. Hebatnya, perintah tersebut cukup dijalankan melalai smartphone. Ketika pengemudi memanggil kendaraan, maka ia akan kembali secara mandiri ke lokasi pengemudi.

Dikendalikan dengan smartphone

Keseluruhan proses dilakukan dengan komunikasi terus menerus antara kendaraan listrik, fasilitas parkir, sistem pengisian daya dan pengemudi. Fasilitas parkir mengirimkan lokasi ruang parkir kosong dan stasiun pengisian, sementara sistem pengisian akan memperbarui status pengisian kendaraan secara real-time.

Baca Juga: Toyota Supra Anyar Bakal Diluncurkan 14 Januari 2019

Hyundai dan Kia berencana untuk meluncurkan teknologi ini sekitar tahun 2025, ketika kendaraan otonom Tingkat 4 juga akan menjadi hal biasa. Produsen mobil asal Korea Selatan ini juga sedang memproyeksikan untuk menjual mobil self-driving di berbagai smart city mulai 2021, sebelum meluncurkan kendaraan otonom penuh pada 2030. canggih ya!