POPULAR STORIES

Libur Akhir Tahun, Lakukan Ini Sebelum Motor Tak Dipakai

Libur Akhir Tahun, Lakukan Ini Sebelum Motor Tak Dipakai

KabarOto.com - Perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) banyak dimanfaatkan masyarakat untuk berlibur dan bersantai. Pemilik roda dua yang meninggalkan motornya selama liburan disarankan untuk menyimak tips dari Federal Oil berikut ini.

1.Cuci Motor

Sebelum berlibur, sebaiknya motor dicuci hingga bersih untuk mencegah motor korosi akibat kotoran yang menempel pada bodi atau rangka motor. Sebaiknya isi penuh bahan bakar atau kosongkan tangki dengan menguras isinya untuk menghindari karat karena proses penguapan ketika motor ditinggal lama.

2. Lepas Kabel Aki

Saat meninggalkan motor dalam waktu yang lama, cabut kabel yang terhubung dengan aki atau baterai agar tidak ada arus listrik yang terbuang sia-sia. Simpan aki di tempat yang aman.

Baca Juga: Masuki Akhir Tahun, Ini Tips Membeli Mobil Baru

3. Simpan Motor Dalam Rumah

Jika meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, baiknya simpan motor dalam rumah dan pastikan ruang penyimpanan bersih. Standar tengah dan beri alas pada bagian ban yang menempel langsung pada lantai, agar tekanan angin tidak cepat berkurang atau mudah kempis.

4. Kunci Setang dan Kunci Tambahan

Baiknya motor ditinggalkan dengan setang terkunci dan menggunakan kunci tambahan. Jangan lupa berikan penutup untuk motor agar tak berdebu selama tidak digunakan.