POPULAR STORIES

Libur Panjang Akhir Pekan, Jalur Puncak Diberlakukan Ganjil Genap

Libur Panjang Akhir Pekan, Jalur Puncak Diberlakukan Ganjil Genap Kepadatan kendaraan menuju Puncak, Bogor, Jawa Barat (Foto: NTMC Polri)

KabarOto.com - Libur akhir pekan ini cukup panjang, mulai dari Sabtu sampai Senin. Untuk mengantisipsi padatnya lalu lintas, jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat akan diberlakukan sistem pembatasan kendaraan ganjil genap.

Hal itu dinyatakan KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ardian “Long weekend di 28, 29, 30 April, dan 1 Mei itu kami tetap terapkan ganjil genap,” Iptu Ardian, dikutip dari NTMC Polri (28/04/2023).

Baca Juga: Libur Akhir Pekan, Berikut Jadwal Ganjil Genap Di Puncak

Pengaturan arus lalu lintas menuju Puncak, Bogor, Jawa Barat (Foto: Jasa Marga)

Hari Jum'at, Sabtu kata dia merupakan weekend, kemudian tanggal 1 Mei libur nasional. Penerapan ganjil genap ini sesuai dengan Permenhub Nomor 84 Tahun 2021. Pemberlakukan ganjil genap ke arah Puncak diberlakukan satu hari menjelang weekend dan libur nasional.

“Sistem ganjil genap di Kawasan Puncak ini berisifat situasional,” tambah Ardian lagi. Jika terjadi peningkatan kendaraan, dan membuat arus lalu lintas padat, petigas Kepolisian akan memberlakukan sistem satu arah atau one way, dari arah Jakarta menuju Puncak, dan sebaliknya.

Baca Juga: Urai Kemacetan, Jalur Menuju Puncak Bogor Dilakukan Sistem Buka Tutup

“Situasional melihat situasi arus yang akan menuju Puncak. Apabila memang pemeriksaan ganjil genap sudah dilaksanakan namun arus datangnya meriah, maka rekayasa one way kami terapkan ke atas untuk pagi dan ke bawah di siang hari,” jelas Ardian.