Lihat Lebih Dekat Vespa GTS 300 Sper Tech Yuk!

Lihat Lebih Dekat Vespa GTS 300 Sper Tech Yuk! Performa Vespa GTS 300 Super Tech sangat baik, mampu menaklukkan tanjakan dan tikungan ekstream.

KabarOto.com - Pada pertengahan September 2019 lalu, Piagio Indonesia meluncurkan Vespa GTS Super Tech 300 dan dijual dengan harga Rp 152,9 juta. Salah satu kelebihan motor ini adalah panel meter yang menggunakan teknologi digital TFT full color 4,3 inci, dapat dihubungkan dengan smartphone dan bisa dikontrol menggunkan perintah suara.

Namun, perintah suara pada Vespa GTS Super Tech 300 masih terbatas, antara lain mengangkat telepon masuk, membuka notifikasi chat dan memilih lagu yang ingin didengar. Untuk mengaktifkannya, harus menggunakan aplikasi MIA dan menggunakan headshet bluetooth.

Baca Juga: Menaklukkan Jalan Pegunungan Di Bogor Dengan Vespa

Vespa GTS Super Tech 300 dijual dengan harga Rp 152,9 juta

Vespa GTS Super Tech 300 ini sudah dibekali dengan mesin yang baru. Mesin yang disematkan adalah High Performance Engine (HPE), menggantikan mesin Quasar yang ada pada Vespa GTS 300 sebelumnya.

Skuter asal Italia ini diklaim mampu menghasilkan tenaga sampai 23,8 dk pada 8.250 rpm dan torsi maksimum 26 Nm pada 5.250 rpm. Tenaga itu naik 12 persen dibanding dengan model sebelumnya, semantara untuk torsinya naik 18 persen.

Mesin yang disematkan adalah High Performance Engine (HPE)

Yudi Riswanto, Technical Trainer Manager PT Piaggio Indonesia di kawasan Sentul, Bogor Jawa Barat mengatakan, semua bagian mesin beda, diantaranya bagian crankcase, crankshaft, piston, silinder, kepala silinder, CVT, motor starter, throttle body, dan sistem timing. "Selain itu manajemen injeksinya juga baru, tensioner baru, penekan injeksinya juga baru," kata Yudi.

Dia pun menuturkan rahasia peningkatan performa mesin baru GTS Super Tech 300. "Yang pertama dari tekanan pompa bensinnya lebih tinggi, kemudian lubang injectornya kalau mesin lama hanya dua atau tiga, sekarang ada empat," tambahnya.

Yudi menyebutkna sebagai multijet, di mana ada empat lubang dan betul-betul disemburkan. Dengan ijector baru ini, menurutnya semprotan pompa bensin lebih tinggi. "Kalau yang lama kan tekanannya cuma 2,5 bar, sekarang bisa sampai 3 bar, bahkan diatasnya." tambah dia.

Keunggulan lain pada mesin Vespa GTS 300 Super Tech adalah desain kubah piston sama dengan desain ruang bakar kepala silinder, sehingga pembakarannya lebih sempurna. "Tapi kompresinya masih tetap sama 11:5," tambahnya.

Tak sampai disitu, Yudi menyebutkan percikan businya dua kali, pra pembakaran dan pembakaran langsung. "Bukan berarti dia knocking ya, Kalau knocking pasti tidak ada tenaganya," tegasnya.

Kedua pembakaran itu diatur oleh ECU, yang satu standar dibakar dari awal, yang satu sesuai dengan kecepatan mesin. "Jadi bahan bakar yang disemprotin kebakar semua, membuat lebih optimal, otomatis kalau kebakar semua dan emisinya turun," terangnya.

Desain jok yang membuat nyaman pengemudinya.

Penyematan sistem Electronic Control Unit (ECU) menggunakan MIU G4, sedangkan yang lama MIU G3. "Secara umum sih sama ya, cuma sistemnya seperti injeksi dual spark, dengan segala penyempurnaan di sana dan di sini," terang Yudi kepada awak Media.

Penyempurnaan mesin baru tersebut juga dirasakan, saat Kabaroto.com menjajalnya di jalan perkampungan di Gadok sampai Sentul. Meski jarak yang saya coba hanya sekitar 3 kilometer, namun mesin yang buas dan liar sempat saya rasakan.

Oiya, motor ini juga dibekali dengan pendingin kipas, di mana kipas ini akan nyala dan berbunyi seperti segerombolan tawon. Karena pada bagiankanan dan kirinya mirip seperti sarang tawon yang memiliki lubang-lubang.

TFT full color 4,3 inci

Di putaran bawah mesin bisa memberikan tenaga yang dahsyat, tanjakan pun dapat dilibas hanya sekali putar gas. Motor ini memiliki panjang 1.950 mm dan lebar 755 mm dan tinggi 790 mm dengan kualitas bahan yang membuat nyaman pengendaranya.

Vespa membekali motor ini dengan Single-arm with coil spring and single shock absorber pada bagian depan dan Double hydraulic shock absorber with preload adjustable on 4 positions untuk bagian belakang. Untuk memberikan keselamatan kepada pengendaranya, Vespa menyematkan rem ABS 2 channels juga ada kontrol traksi elektronik ASR (Anti Slip Regulation) yang fungsinya untuk mencegah roda tergelincir.

Baca Juga: Piaggio Luncurkan Vespa GTS Super Tech 300, Ini Harganya!

Namun saya masih terlalu dini saya menyebutkan keunggulannya, karena jaraknya yang masih terbatas. Mau ulasan lengkapnya tentang test ride Vespa GTS 300 Super Tech? Pantau terus KabarOto.