POPULAR STORIES

Lindungi Mobil Dengan PPF (Paint Protection Film) Segini Biayanya

Lindungi Mobil dengan PPF (Paint Protection Film) Segini Biayanya Dok : Deddy KabarOto / Lamborghini Huracan sudah gunakan PPF di bagian bumper dan kap depan.

KabarOto.com – Membuat mobil tetap terjaga dengan kondisi prima memang jadi sebuah nilai investasi. Apalagi kalau mobil berharga mahal.

Ada beberapa cara tentunya, seperti pemberian wax, pengaplikasian coating, atau yang cukup tenar belakangan ini adalah PPF (Paint Protection Film) dengan beberapa kelebihannya dibanding lainnya.

Handle pintu akan dibongkar, agar pemasangan di pintu tidak ada potongan.

Salah satu workshop yang sudah cukup lama mengenalkan teknologi PPF ini di Indonesia adalah 3Steps pada tahun 2017 lalu.

Baca juga: Teknologi PPS Dari 3Steps Ubah Warna Mobil Dapat Dikeletek

Pengaplikasian PPF sendiri hampir mirip seperti wrapping stiker. Bedanya ada beberapa teknologi dari PPF yang membuat harga lebih tinggi, misalnya bisa self healing, dalam artian jika ada baret halus dan sebagainya, tinggal dipanaskan maka mobil akan kembali mengkilap.

Efek cat jadi lebih basah mengkilap.

Lalu penggunaan PPF mampu melindungi cat asli dari stone chip yang biasanya membuat cat asli terkelupas, atau melindungi bodi dari paparan sinar matahari. PPF juga bisa di-coating sehingga mendapat proteksi tambahan.

Proses sebelum pemasangan hampir mirip seperti coating. Sehingga warna cat asli bisa maksimal, serta pemasangannya khusus di bagian eksterior saja, namun jika ada beberapa bagian interior seperti bahan piano black, atau karbon, masih bisa dipasang PPF.

Baca juga: Test Drive All New Honda HR-V SE CVT, Tampilan Baru SUV Modern

Bagian potongan PPF di sudut tajam susah dilihat, karena pengerjaan yang detil.

Uniknya 3Steps mampu mengaplikasikannya dengan maksimal. Mengingat materialnya seperti stiker, seharusnya ada detil yang tidak menempel di bagian ujung-ujung bodi. Namun saat melihat detil pengerjaannya, sambungan di bagian tertentu hampir tidak terlihat kalau mobil ini di-PPS, bahkan saat diperhatikan secara dekat.

Proses saat pemasangan PPF.

Harga untuk PPF 1 mobil mulai dari Rp 50 jutaan. Ada dua finishing yakni high gloss, dan matte. Serta bergaransi 5 tahun, namun bisa lebih dari itu jika perawatannya benar.