POPULAR STORIES

Test Drive All New Honda HR-V SE CVT, Tampilan Baru SUV Modern

Test Drive All New Honda HR-V SE CVT, Tampilan Baru SUV Modern Foto: Harry Blek / KabarOto

KabarOto.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) menghadirkan All New Honda HR-V SE CVT, dan sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan Honda Sensing. Kehadiran All New Honda HR-V ini di segmen medium SUV adalah tepat, mengingat kelas ini sedang tumbuh. Karena didorong konsumen generasi baru yang lebih muda dan menginginkan model sport utilities vehicle (SUV) yang kompak, gaya dan modern.

Dengan segudang fitur canggih dan desain ekterior serta interior yang menawan, menjadi jawaban bagi Honda akan kendaraan SUV modern masa kini.

Pihak HPM yakin akan kemampuan All New HR-V, dengan berbagai perubahan dari sisi tampilan, teknologi, dan mesin, mereka percaya All New Honda HR-V akan terus menjadi favorit konsumen di Indonesia.

Baca juga: Sejarah Honda HR-V Di Indonesia, 200 Ribu Unit Terjual Dalam Waktu 8 Tahun

Kompak SUV modern, cocok untuk generasi muda dan usia menengah

Eksterior

Kali ini, KabarOto berkesempatan menguji kemampuan dari All New Honda HR-V selama 1 minggu. Varian yang diuji adalah All New HR-V SE CVT, varian ini satu tingkat di bawah tipe RS Turbo. Memiliki banderol Rp 405.100.000, dengan warna unik yakni Sand Khaki Pearl Two Tone.

All New Honda HR-V menampilkan perubahan desain total dibandingkan generasi sebelumnya atau generasi pertama di Indonesia, dengan garis-garis tajam yang membuatnya lebih stylish dan sporty. Pada sisi depan, medium SUV ini tampil dengan desain gril baru yang terintegrasi dengan lampu utama, sein dan lampu kabut berteknologi LED.

Fascia depan memiliki lompatan desain dibandingkan generasi sebelumnya, HPM sepertinya mengambil basis Honda HR-V di Amerika Serikat dengan model yang lebih bergaya dan gempal. Bagian kaca belakangnya melandai dengan spoiler atas berukuran sedang dan tak ketinggalan antena model shark fin.

Karena desainnya inilah, All New HR-V meraih penghargaan “Best Car Design” untuk kategori mobil dari Red Dot Design Award 2022. Penghargaan yang diterima oleh Honda dalam ajang Red Dot Design Award 2022 kali ini sangat spesial karena untuk pertama kalinya, Honda meraih penghargaan terbanyak dan juga sekaligus secara bersamaan untuk kategori kendaraan roda empat, kendaraan roda dua dan juga power product.

Selanjutnya, untuk pelek menggunakan model palang berukuran 18 inci. Bannya menggunakan Bridgestone Alenza berukuran 225/50R18, ban dengan tapak lebar namun profilnya tipis. Membantu daya cengkram ke permukaan aspal tetapi terasa keras ketika menemui jalanan bergelombang.

Meraih penghargaan “Best Car Design” untuk kategori mobil dari Red Dot Design Award 2022

Interior

Masuk kabin, disambut dengan nuansa gelap. Jok yang dilapis bahan kulit berpori dikombinasikan dengan bahan fabric dengan tambahan aksen krom dibeberapa bagian untuk menambah kesan hi-tech. Sisi kiri dan kanan terdapat tombol model putar, untuk mengatur arah semburan pendingin ruangan mobil (AC).

Dasbor tidak terlalu tinggi, memudahkan visibilitas pengemudi ke bagian depan kendaraan. Walaupun tersedia sensor yang akan memberitahukan jika jarak dengan objek lain terlalu dekat. Lingkar kemudinya memiliki desain sporty, begitu digenggam terasa pas dan kokoh, tidak ketinggalan beberapa tombol tersemat pada lingkar kemudi untuk pengaturan audio, MID, cruise control dan Honda LaneWatch.

Baca juga: Perbedaan Fitur Di Setiap Varian All New Honda HR-V

Kelengkapan lainnya dalam kabin adalah head unit dengan layar 7 inci teknologi touchscreen, AM/FM Radio, Bluetooth, Hands-Free Telephone, Voice Command Switch, USB Player, Smartphone Connection (dengan tambahan kabel untuk mirroring). Tak ketinggalan 4 buah speaker yang penempatannya tertata untuk kenyamanan berkendara.

Kemudian panel instrumen 4.2 inci Interactive TFT Meter Cluster berdesain modern, AC dengan kemampuan kinerja otomatis, dua buah charger dan koneksi USB. Untuk penumpang bagian belakang juga tersedia charger USB sebanyak 2 buah.

Penempatan konsol tengah, dengan 2 buah glove box dan sebuah wireless charging. Glove box lainnya terdapat pada bagian pintu depan dan belakang, sehingga total glove box ada 8 buah.

Desain tempat duduk pengemudi dan penumpang depannya cukup nyaman, desain busa penyangga bagian tubuh terasa empuk dan menyangga tubuh agar tidak bergeser-geser. Dengan pengoperasian jok depan model elektrik, yang dapat mengatur maju-mundur, ketinggian dan kemiringan sandaran tubuh pengemudi/penumpang depan.

Panel instrumen yang paling menarik, petunjuk spidometer dan putaran mesinnya terlihat seperti pada kendaraaan lain umumnya. MID menjadi pembeda, karena menampilkan beragam informasi, tinggal digeser melalui tombol pada lingkar kemudi.

Untuk menghidupkan dan mematikan mesin terdapat tombol start/stop, serta panoramic sunroof yang kini pengoperasian tirai kaca model manual. Padahal generasi sebelumnya bekerja secara elektrik.

Yoshitomo Ihashi selaku Large Project Leader of All-new Honda HR-V Honda Motor Co., Ltd., Automobile Operations, Monozukuri Center, menjelaskan alasannya ketika sesi media test drive di Sirkuit Mandalika, 23 April lalu. "Pemasangan mekanis elektrik pada panoramic sunroof akan memakan ruang pada bagian plafon, dipilihnya kerja manual untuk membuat lapang," ujarnya.

Ia juga menjelaskan tidak digunakannya lagi pengoperasian secara elektrik, semata-mata demi alasan estetika agar pengemudi dan penumpang All New Honda HR-V bisa menikmati pemandangan alam melalui panoramic sunroof secara maksimal.

Apapun alasannya, untuk membuka tirai panoramic sunroof kini terkesan sederhana, bertolak belakang dengan teknologi yang digendong SUV ini yang serba modern.

Menarik pada bagian bagasi, cukup besar untuk menampung 3 koper berukuran sedang. Akan lebih besar kapasitas angkutnya ketika kursi baris kedua dilipat, sehingga membawa dua unit sepeda menjadi hal mudah untuk kendaraan ini.