POPULAR STORIES

Sejarah Honda HR-V Di Indonesia, 200 Ribu Unit Terjual Dalam Waktu 8 Tahun

Sejarah Honda HR-V Di Indonesia, 200 Ribu Unit Terjual Dalam Waktu 8 Tahun Generasi kedua Honda HR-V yang dipasarkan di Indonesia (Foto: istimewa)

KabarOto.com - Honda HR-V telah hadir di Indonesia sejak tahun 2014, tepatnya pada Indonesia International Motor Show (IIMS). Di kawasan Asia Tenggara, Indonesia menjadi negara pertama yang meluncurkan secara resmi Honda HR-V.

Saat hadir di Indonesia, pihak prinsipal meyakini Honda HR-V memiliki potensi yang bagus di Tanah Air. Unit yang dihadirkan merupakan generasi kedua yang diperkenalkan pada tahun 2013, di mana generasi pertamanya tidak dipasarkan di Indonesia, dan hanya tersedia di Jepang, Eropa dan beberapa negara di Asia Pasifik.

Generasi pertama tidak dipasarkan di Indonesia

Saat pertama kali diluncurkan pertama kali di Indonesia, Honda HR-V dibanderol mulai dari Rp 240 juta hingga Rp 350 juta. Targetnya, merupakan konsumen dari kalangan menengah dan ke bawah.

Baca juga: Honda Buat Terowongan Angin Untuk Kendaraan Masa Depan

Saat itu, produksinya dilakukan di Indonesia, dengan pilihan mesin 4 silinder 1.500 cc dan 4 silinder 1.800 cc dan memiliki varian tertinggi bernama Prestige yang dilengkapi lampu proyektor LED.

Antusiasme konsumen Indonesia terhadap Honda HR-V tergoling baik. Di mana, jumlah pemesanan cukup banyak, sehingga terjadinya inden cukup lama. Konsumen yang memesan sejak Desember 2014, baru menerima unitnya pada Maret 2015.

Moncernya penjulan Honda HR-V saat itu, membuat penjualan Honda Jazz menurun. Data wholesales Gaikindo menyebutkan, penjualan hatchback ini mengalami penurunan di periode 2014 ke 2015, dari 22.329 unit menjadi 17.345 unit.

Honda HR-V facelift 2018

Tingginya minat konsumen terhadap Honda HR-V, membuat PT Honda Prospect Motor melakukan penyegaran terhadap medium SUV-nya. Penyegaran yang diberikan tergolong minim, dengan ubahan pada sisi ekterior dan penambahan fitur baru.

Beberapa tipe tertingginya sudah pakai lampu LED reflektor, termasuk lampu kabutnya. Revisi desain juga menyasar bagian grille, bumper, pelek, kombinasi LED di bagian belakang mobil.

Tipe paling termahalnya sudah dilengkapi sunroof. Adapun Honda HR-V tipe E reguler dan S, sistem pencahayaannya pakai proyektor halogen.

Baca juga: Terjual 636 Mobil, Honda Brio Dan BR-V Jadi Primadona HPM Di Jakarta Auto Week 2022

Selebihnya selepas 2018 hingga awal 2022, tak ada langkah penyegaran lagi dari HPM. Model facelift terakhir tadi masih dipertahankan hingga Januari 2022 ini. Pada Februari, produksinya telah dihentikan untuk menyambut generasi ketiganya.

Honda HR-V facelift tipe E Special Edition

Nah, akhir Maret 2022, HPM meluncurkan All New Honda HR-V secara virtual. Di mana, Medium SUV ini ditawarkan dalam empat varian dengan harga mulai dari Rp 355,9 juta hingga Rp 499,9 juta.

Kini, All New Honda HR-V menghadirkan varian RS dengan tampilan lebih sporty dan mesin Turbo 1.500 cc yang lebih bertenaga. Selain itu, All New Honda HR-V kini juga telah dilengkapi dengan teknologi keselamatan canggih Honda Sensing di semua varian.

All New Honda HR-V 2022

Dari segi performa, All New Honda HR-V RS Turbo mengusung Mesin 4 silinder DOHC VTEC Turbo 1.500 cc, menghasilkan tenaga 174 dk pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 240 Nm pada 1.700-4.500 rpm.

Honda HR-V telah mencapai penjualan 3,5 juta unit di seluruh dunia. Sementara di Indonesia, total penjualan sebanyak 208.749 unit