POPULAR STORIES

Lintasan Basah Jadi Kemenangan Perdana Sergio Perez Musim Ini

Lintasan Basah jadi Kemenangan Perdana Sergio Perez Musim Ini Foto: F1 dan ExxonMobil

KabarOto.com - Sirkuit jalan raya Monako sering tidak dapat diprediksi, trek sempit menyulitkan para pembalap Formula 1 untuk menyalip. Pahlawan lokal Charles Leclerc mungkin tidak mendapatkan kemenangan kandang yang dia dambakan bersama Ferrari, karena kemenangan diraih oleh Sergio Perez dari Red Bull Racing.

Kemenangan ganda tim Red Bull Racing melalui pembalap Sergio Perez dan Max Verstappen di Monako pada hari Minggu kemarin (29/05), menjadi kemenangan untuk ketiga kalinya dalam empat balapan terakhir. Dan ini menjadi kemenangan pertama Red Bull Racing di Monako pada era mesin hybrid.

Pembalap Red Bull Racing Sergio Perez memenangkan balapan pertamanya di tahun 2022 dengan selisih 1,1 detik setelah mengakhiri balapan, dengan Carlos Sainz (Scuderia Ferrari) dan Verstappen berada di belakang pembalap asal Meksiko tersebut. Sementara pembalap kebangsaan Monako yakni Leclerc berada diposisi empat.

Baca juga: FIA Tolak Protes Scuderia Ferrari, Red Bull Racing Tetap Juara

Trek sempit dan lintasan basah menyulitkan pembalap untuk menyalip

Lintasan basah setelah diguyur hujan deras, balapan sempat dihentikan selama 45 menit. Kemudian dilanjutkan setelah hujan reda, namun lintasan yang masih basah dan banyak air menyulitkan beberapa pembalap untuk menyalip lawan di depannya. Beberapa pembalap sempat mencium tembok lintasan dan keluar jalur.

“Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan. Sebagai pembalap, Anda bermimpi untuk menang di sini. Setelah balapan kandang Anda, saya pikir tidak ada balapan lain yang lebih spesial untuk dimenangkan. Untuk melakukannya dan cara kami melakukannya. Dengan graining yang saya miliki, untuk tidak membuat kesalahan, membawanya pulang kemanangan dan tetap menjaga Carlos di belakang tidaklah mudah," ujar Sergio Perez.

Berkat strategi yang tepat diterapkan tim meski start dari belakang Ferrari, Sergio Perez mampu finis posisi 1 dan Max Verstappen finis posisi 3. Kompetitor yang memang terlihat cepat saat kondisi kering berhasil dimanfaatkan saat kondisi hujan di lintasan sirkuit, beberapa kali Safety Car muncul, dan Red Flag sangat menguntungkan kedua pembalap Tim Red Bull Racing F1 mengamankan podium dan menggeser dominasi lawan dari posisi terdepan.

Strategi Red Bull Racing memang terkenal baik, komunikasi pembalap dengan tim melalui radio dijaga dengan baik. Hannah Schmitz selaku Red Bull Racing Principal Strategy Engineer dan tim menganalisis faktor-faktor kunci dengan menguji miliaran skenario dan kombinasi menggunakan simulasi Monte Carlo yang berjalan di Oracle Cloud Infrastructure (OCI), semuanya untuk memberi Verstappen dan Sergio Perez peluang terbaik untuk berdiri di podium.

“Melanjutkan podium ganda kali ini tentulah tidak mudah melihat kondisi awal balapan terguyur hujan. Beruntung pembalap berhasil menerapkan strategi dari tim untuk mengantarkan Sergio Perez dan Max Verstappen meraih kemenangan di Monako. Selamat atas kemenangan Perez dan kebesaran hati Vestappen yang bisa tetap fokus mempertahankan dan semakin unggul di titel Juara Dunia F1 2022,” ungkap Sri Adinegara selaku Market Development Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI).

Balapan F1 selanjutnya akan ke sirkuit jalanan yang mirip dengan Monako, yakni Sirkuit kota Baku, Azerbaijan, pada 10-12 Juni mendatang. Ini merupakan tempat Perez meraih kemenangan pertamanya untuk Red Bull Racing.

Baca juga: Dibalik Kemenangan 1 Dan 2 Red Bull Racing Sejak 2016

Kemenangan perdana Sergio Perez di musim 2022

“Sirkuit Baku memiliki layout lintasan jalan raya yang sama dengan Monako, berharap kedua pembalap bisa melanjutkan semangat dalam memperebutkan titel Juara Dunia dan juga konstruktor untuk musim 2022 ini," tambah Sri Adinegara.

Ia juga menjelaskan jika pelumas mesin yang digunakan oleh Red Bull Racing juga tersedia di pasar Indonesia, seperti rangkaian produk pelumas Mobil1 dan Mobil Super yang tersedia di bengkel-bengkel kesayangan Anda.

Di klasemen sementara pembalap F1, Verstappen berada di puncak dengan 125 poin terpaut 9 poin dari Charles Leclerc. Sedangkan Sergio Perez berada di posisi tiga dengan 110 poin. Untuk tim konstruktor, Red Bull Racing dengan total 235 poin, sedangkan Scuderia Ferrari 199 poin diikuti Mercedes-AMG Petronas dengan 134 poin.