POPULAR STORIES

Lotus Eletre Resmi Meluncur, SUV Listrik Bertenaga 905 Dk

Lotus Eletre Resmi Meluncur, SUV Listrik Bertenaga 905 Dk Lotus Eletre 2023 (foto : Lotus)

KabarOto.com – Pabrikan mobil asal Inggris, Lotus baru-baru ini meluncurkan SUV listrik terbaru mereka dengan tenaga besar yaitu, Lotus Eletre.

Lotus Eletre lahir berkat para desainer yang menggabungkan sports car Emira dan mobil listrik Evija untuk menjadikan Eletre. Sebagai hyper-SUV pertama bagi Lotus, mobil ini hadir dalam konfigurasi lima pintu.

Baca Juga : Lotus Evija Fittipaldi Limited Edition Merayakan 50 Tahun

Secara tampilan, SUV ini memiliki desain yang agresif nan gahar. Gril tajam disandingkan dengan lampu utama bertekonologi LED. Begitu pula dengan penggunaan bumper dengan sudut yang tajam. Dengan desain tersebut, Lotus Eletre memiliki aerodinamika dan pengendalian yang baik.

Pada bagian samping, terlihat profil SUV ini cukup rendah untuk meminimalisir hambatan angin. Penggunaan pelek model multipalang dengan finishin two-tone berukuran 23 inci. Dibalik pelek tersebut ada kaliper 10 piston berbahan keramik untuk mengimbangi tenaga yang besar.

Bagian belakang, lekukan agresif pada bumper depan juga diaplikasikan di bagian pintu bagasi. Lampu LED model garis menyambung sangat mencirikan mobil listrik.

Baca Juga : Sambut Era Elektrifikasi, Toyota Kembangkan Platform Baru Lebih Efisien

Beralih ke interior, desain dasbor terlihat sangat modern dengan ambient light model garis yang menghiasi kabin saat malam hari. Pada bagian tengah, terdapat layar OLED 15,1 inci dengan berbagai informasi termasuk sistem infotainment dengan sistem operasi UI/UX ala Tesla.

Layar ini juga terhubung dengan 23 speaker 2.160 watt yang memiliki teknologi suara surround Uni-Q dan 3D. Lalu, penggunaan setir dua palang yang menggabungkan desain klasik dan modern.

Bicara soal performa, SUV ini hadir dalam dua pilihan yaitu penggerak listrik 603 dk dengan torsi 710 Nm dan varian terkencang memiliki keluaran tenaga 905 dk dengan torsi 985 Nm. Untuk semua varian, motor listrik disematkan di semua roda alias all-wheel drive. Untuk varian terkencang, pihak pabrikan klaim SUV ini dapat berakselerasi 0-100 kpj tuntas dalam 2,95 detik.

Motor listrik tersebut didukung oleh paket baterai 100 kWh yang mampu memberikan jarak tempuh hingga 600 km. Untuk pengisian daya, pihak Lotus memberikan paket charger DC 350 kW yang mampu mengisi daya 0-80 % dalam 20 menit saja, sementara paket charger standar hanya memiliki daya AC 22kW.

Baca Juga : Hyundai Grandeur 2023, Sedan Mewah Terbaru Dengan Tampilan Futuristik

Tampilan layar tengah

Soal fitur, SUV ini sudah dibekali sensor LIDAR yang terpasang di bagian atas kaca depan untuk membantu sistem adaptive cruise control. Adapun fitur lainnya seperti Collision Mitigation Support Front, Traffic Sign Information, Door Open Warning, Rear Cross Traffic Alert, Front Cross Traffic Alert, Lane Change Assist, Childern Presence Detection, Lane Keep Aid with Lane Departure Warning, Parking Emergency Brake, Collision Mitigation Support Rear, dan Emergency Rescue Call.

Hyper-SUV ini hadir dalam tiga varian yaitu Eletre, Eletre S, dan Eletre R. Adapun beberapa pilihan warna seperti Natron Red, Galloway Green, Stellar Black, Kaimu Grey, Blossom Grey, dan Solar Yellow. Soal harga, mobil ini dibanderol sekitar EUR89.500 atau setara Rp 1,38 miliar.

Tampilan bagasi