POPULAR STORIES

Lotus Type 131 Akan Gantikan Tiga Warisan Model Lawas

Lotus Type 131 akan Gantikan Tiga Warisan Model Lawas

KabarOto.com - Manufaktur Inggris asal Hethel, Lotus Cars, tengah mempersiapkan produk anyar di jajaran sports car, Lotus Type 131 yang saat ini masih menjadi prototype.

Persiapan peluncuran mobil anyar ini merupakan bagian dari strategi investasi Lotus Vision80. Diyakini menelan dana lebih dari £100 juta atau setara Rp 1,9 triliun lebih.

Baca juga: Peringatan 20 Tahun, Lotus Exige 20th Anniversary Special Edition Dirilis

Lotus Elise, Exige, dan Evora


Diharapkan dengan adanya produk anyar ini menyerap tambahan 250 tenaga kerja. Saat ini Lotus memperkerjakan 670 orang untuk meracik mobil terbaru sejak tahun 2017. Orang baru nanti tak hanya berkutat di pengembangan mobil baru Lotus namun juga divisi Lotus Engineering.

Oh iya, kembali membahas mobil sport performa tinggi yang sedianya hadir tahun ini yang diharapkan menjadi pengganti model sebelumnya yakni Elise, Exige, dan Evora. Yup, ketiga unit ini akan tutup produksi tahun ini.

Usia ketiganya memang sudah harus alami penggantian, seperti Lotus Elise menjadi yang tertua diperkenalkan sejak 1995. Meski begitu masih yang terdepan suguhkan teknologi struktur alumunium, high-tech composite dan pengetahuan material berbobot ringan.

Investasi membuat Lotus punya fasilitas pengembangan sasis terbaru



Teknologi tersebut akhirnya diturunkan ke Lotus Exige yang berlanjut diperkenalkan tahun 2000. Tak diragukan sebagai mobil jalan raya berspesifikasi balap.

Sedangkan Lotus Evora menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemar sports car ketika diperkenalkan tahun 2008. Sukses di kancah balap dengan memenangkan balapan nasional GT dan juga naik podium di Le Mans.

"Tahun ini menjadi langkah besar bagi Lotus dengan adanya fasilitas baru, sports car terbaru siap masuk produksi dan menjadi tingkatan baru efisiensi dan kualitas yang semuanya hanya ada di mobil ini," beber Phil Popman, CEO, Lotus Cars.

Dirinya menambahkan bahwa strategi Vision80 mengilustrasikan bahwa Lotus menatap jauh ke depan dan masa depan akan penuh dengan inovasi. "Pada 2021 kami akan mencerminkan segala warisan budaya mulai dari Elise, merupakan mobil sport yang revolusioner murni di industri otomotif."

Baca juga: 100 Unit Lotus Elise, sebagai Perayaan Perjalanan di Dunia Balap



Matt Windle, Lotus Executive Director, Engineering, mengatakan bahwa tim yang berpengalaman di rancang bangun, desainer, dan teknisi berusaha mengembangkan mobil baru yang tetap mempertahankan warisan dari Elise, Exige, dan Exora.

Elise, Exige, dan Evora telah berkontribusi besar di bisnis Lotus sepanjang tahun dan semenjak kali pertama di fasilitas produksi total mobil yang terjual sebanyak 55.000 unit.

Berita Terkait

Berita Terkait