MAB Pamerkan Kendaraan Listrik Purwarupa Modern Di PEVS 2022

MAB Pamerkan Kendaraan Listrik Purwarupa Modern di PEVS 2022 Mobil Listrik Anak Bangsa untuk aktivitas kota kecil (Foto: kabarOto)

KabarOto.com - PT Mobil Anak Bangsa (MAB) ikut serta dalam Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022. Produsen mobil listrik asli Indonesia ini memperkenalkan purwarupa Garbage Compactor Electric Truck dan purwarupa Metropod – First/Last Mile Electric Vehicle.

Selain itu diperkenalkan juga sepeda listrik Electro dua varian, EL02 dan EL03, dan sepeda listrik varian Electro EL 07C. Produk purwarupa lainnya yakni bus listrik 12 meter varian UI.

Baca Juga: Moeldoko: Hanya Dengan Mobil Listrik, Persoalan Global Bisa Ditangani

Garbage Compactor Electric Truck untuk perkotaan, bebas emisi, mampu beroperasi dalam kebisingan rendah, dan dapat difungsikan sebagai kendaraan utilitas seperti truk sampah, penyapu jalan, truk logistik dan lainnya.

Truk listrik pengangkut sampah (Foto: KabarOto)

Chassis Truck Low Entry MAB, dipasang alat Pemadat Sampah berkapasitas 10M3, tentunya juga dioperasikan menggunakan tenaga listrik dari baterai.

Truk ini memiliki dimensi PxLxT 8770 mm x 2500 mm x 2990 mm, baterai LiFePo 605.58 V 519 Ah 315.85 KWh, Motor Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM), Daya 150 KW (Rated) 200 KW (Peak), Torsi 1194 Nm (rated 3000 Nm (Peak) Kapasitas kompaktor 10 M3.

Kemudian juga moda transportasi Metropod. PT MAB melihat peluang untuk mengisi kekosongan moda angkutan First and last mile yang nyaman dan aman di kawasan-kawasan di kota-kota besar dan kawasan industri.

Sepeda listrik MAB (Foto: KabarOto)

Kendaraan ini berkonsep Low Speed Electric Vehicle (LSEV) atau Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Berkecepatan Rendah, sangat
ideal digunakan sebagai kendaraan kecil pengangkut penumpang di lingkungan perumahan atau kompleks industri.

Kecepatan maksimum 40 kpj didapat titik optimal antara efisiensi waktu perjalanan, dengan faktor keamanan (safety) baik bagi penumpang, pengemudi, pejalan kaki atau pengguna jalan di lingkungan perumahan maupun di kompleks industri.

Baca Juga: Trans Jakarta Akan Uji Coba Bus Listrik Mobil Anak Bangsa

Produk purwarupa lainnya yang ditampilkan adalah bus listrik 12 meter varian UI, hasil program riset bersama Universitas Indonesia (UI), di sponsori oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), dalam upaya meningkatkan kemandirian NKRI, dalam teknologi kendaraan Listrik khususnya bus listrik.