POPULAR STORIES

Mad Mike Bangun Mazda3 Bertenaga 1.400 Dk

Mad Mike Bangun Mazda3 Bertenaga 1.400 dk Mad Mike lakukan hal radikan lagi dengan Mazda3 bertenaga 1.400 dk (MZ Racing)

KabarOto.com - Mazda3 merupakan mobil hatchback yang mungil dan dimandatkan untuk keperluan berkendara urban, namun apa jadinya jika Sobat mendengar tenaga yang dihasilkan oleh hatchback tersebut mampu menghasilkan angka 1.400 daya kuda?

Adalah Mad Mike, pembalap internasional yang kerap dikenal dengan mobil-mobil Mazda bermesin rotary, yang melakukan rombakan pada Mazda3 dengan tujuan balap drift tersebut. Selain itu, pria asal Australia itu memang dikenal piawai dengan modifikasi mesin rotary khas Mazda.

Baca Juga: Simak Sejarah Singkat Perjalanan Mesin Mazda Rotary

Melansir MZ Racing, tenaga tersebut dihasilkan dari mesin rotary dengan modifikasi yang cukup ekstrem, karena sebelumnya mobil ini hanya menghasilkan tenaga sebatas 800 dk dan meningkat pada proyek lanjutannya ini.

Sebagai tahap uji coba, mobil tersebut akan turun balap pada ajang Pikes Peak International Hill Climb, yang dimaksudkan untuk menguji durabilitas serta pengembangan yang lebih lanjut.

Baca Juga: Pertama Di Indonesia, Subaru Ini 'Pindah Agama' Pakai Mesin Rotary

Mobil tersebut dibekali mesin Wankel 4 rotor (20B) yang didukung dengan tenaga induksi twin-turbo dari produk Garrett tipe G40. Namun, Kawato yang merupakan tim teknis, membatasi tenaga 1.400 dk tersebut menjadi 1.000 dk dengan alasan mencegah panas berlebih.

Menariknya, drifter tersebut juga turut mengubah sistem penggerak Mazda3 hatchback menjadi rear wheel-drive (RWD) untuk memberikan performa yang mumpuni saat berada di atas lintasan drift. Mengakomodir tenaganya, mesin tersebut diatur oleh standalone EMS dari Haltech.

Modifikasi lainnya, demi keamanan, mobil tersebut juga dibekali jok balap karbon serta penggunaan roll cage sesuai regulasi.