Maksimalkan Kinerja Wipermu Sebelum Terlambat!

Maksimalkan Kinerja Wipermu sebelum Terlambat! Wiper yang tak bekerja maksimal akan menyusahkan pengemudi (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Di musim yang ekstrim ini, hujan kadang datang mendadak. Artinya, komponen penting penghalau hujan kerjanya mesti dimaksimalkan lagi. Di antaranya fungsi wiper dan washer pada kendaraan yang sering digunakan.

Pastikan kinerja wiper dan washer prima agar dapat membantu sobat Kabaroto dalam menjalankan aktivitas. Berikut tips dari David Lesmana dari Dunia Usaha Motor, BSD, Tangerang Selatan agar peranti ini tetap maksimal dalam performanya.

Baca Juga: 4 Poin Mudah Merawat Wiper Mobil

Dengan rajin merawat dan menjaga kondisi kedua peranti tersebut, Sobat Kabaroto pasti jauh lebih tenang. Terutama saat berkendara ketika hujan turun gerimis apalagi super deras. Pengendara makin leluasa melihat pandangan di luar.

"Sayang sekali masih banyak pemilik mobil yang kurang peduli, atau kerap mengabaikan dalam hal merawat wiper dan washer. Apalagi kompoenen ini juga rentan terhadap sinar matahari, terutama ketika cuaca tidak sedang hujan. Makanya begitu hujan datang, mereka baru sadar kalau ada yang tidak beres dengan komponen tersebut," kata David (17/4/2018).

Menurut David, persoalan macam ini tak akan terjadi jika kedua part sering dicek. Apalagi untuk melakukannya tidak begitu sulit. Jauh lebih sulit daripada menyetir saat turun hujan dengan peralatan yang sangat minim perawatan.

Nah, tidak ingin repot di jalan saat hujan melanda, ada baiknya sobat Kabaroto melakukan pengecekan karet wiper secara rutin dan diganti tiap 6 bulan sekali. Tapi buat yang malas cek kondisi wiper alias sering dijemur saat mobil parkir, ada baiknya lakukan penggantian lebih awal dari jadwal biasanya.

"Begitupun jika diketahui karet wiper ternyata sudah tidak mampu menyeka air di kaca dengan baik disarankan sih segera diganti dengan yang baru. Selain jauh lebih maksimal, kaca juga terhidar dari goresan,"ujarnya.

Sobat Kabaroto bisa pilih wiper orisinal atau merek yang sama dengan bawaan pabrik. Dan ini bisa dilakukan sendiri dengan cara yang relatif mudah dengan mengikuti petunjuk pada kemasan.

Selain wiper dan penunjangnya, pastikan soket-soket yang menuju ke motor wiper kondisinya bersih. Sebab jika gerak wiper sudah mulai lambat, itu tanda motor sudah lemah. Maka disarankan segera periksakan komponen tersebut atau bawa ke bengkel dinamo untuk lakukan pengecekan.

Terakhir adalah memastikan fungsi Washer. Tanpa alat tersebut kerja wiper tak akan sempurna. Pasalnya semprotan air ke kaca sangat diperlukan, terutama saat hujan mulai berhenti. Tujuannya untuk membersihkan kotoran di kaca akibat cipratan dari kendaraan lain di depan.

"Agar kerjanya sempurna yakinkan pompa air berfungsi dengan baik. Begitu juga dengan air di dalam wadah washer, yang seharusnya seharusnya tidak ada kerak atau lumut penyebab alirannya tersumbat," tutup David.