POPULAR STORIES

Malas Baca Buku Panduan Kendaraan ? Yuk Simak Keuntungannya

Malas Baca Buku Panduan Kendaraan ? Yuk Simak Keuntungannya

KabarOto.com - Manual book atau buku panduan sepantasnya wajib untuk dibaca pemilik kendaraan. Buku panduan berguna untuk menyampaikan informasi penting, seperti fitur dan teknologi terkini.

“Manual book dapat membantu konsumen non-teknisi untuk menyelesaikan masalah tanpa bantuan ahli. Konsumen dapat membuka manual book terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk pergi ke bengkel resmi,” terang Samsudin, Aftersales Support PT Astra International.

Baca Juga: Royal Enfield Beri Tips Touring Sehat Saat Pandemi

Buku tersebut bermanfaat untuk memberikan jawaban tercepat kepada sang pemilik kendaraan saat bermasalah atau adanya pertanyaan yang tentang produk tertentu, hingga penyelesaian masalah.

Setelah menemukan halaman yang tepat, konsumen dipersilahkan membaca halaman sekilas untuk melihat apakah berisi informasi yang dibutuhkan. Itu adalah cara kebanyakan orang membaca manual book.

Sebagian besar manual book berisi panduan tertulis dan gambar terkait dalam bentuk ilustrasi sederhana. Bahasa yang digunakan pun lazimnya disesuaikan dengan audiensnya. Menjaga seminimal mungkin isi, namun tetap menjelaskan secara menyeluruh.

Baca juga: Ikuti Tips Simpel Merawat Cat Kendaraan Di Cuaca Ekstrem

“Isi manual book biasanya terdapat informasi terpenting dan detail seperti informasi garansi, keselamatan, instalasi, identifikasi masalah, instruksi pengaturan, spesifikasi umum produk serta instruksi perawatan dan pemecahan masalah,” tegasnya.

Selain itu, di manual book juga tersedia infomasi Lokasi Pusat Layanan. Tujuannya bila ada masalah memerlukan perbaikan oleh teknisi resmi pabrikan. Seiring perkembangan, beberapa manual book untuk perangkat komputer disediakan dalam bentuk CD, atau aplikasi yang bisa diunduh melalui App Store atau Google Play.