POPULAR STORIES

Mana Paling Keren? Motor Milik Soeharto, SBY Dan Jokowi Mejeng Di Telkomsel IIMS 2019

Mana Paling Keren? Motor Milik Soeharto, SBY dan Jokowi Mejeng di Telkomsel IIMS 2019 Suzuki Intruder 400 (KO/Edo)

KabarOto.com - Ada yang menarik di gelaran Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 kali ini. Dalam pameran otomotif tersebut, turut menampilkan sepeda motor kesayangan para Presiden RI dari masa ke masa.

Bertempat di booth Telkomsel di arena outdoor, Tigrehood memajang 3 motor milik Presiden RI ke-2 Soeharto, Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan Presiden RI ke-7 Joko Widodo.

Baca Juga: Ini Spesifikasi Motor Custom Kawasaki W175 Milik Jokowi

1. Suzuki Intruder 400 - H.M Soeharto

Para penggemar otomotif generasi 90-an pasti pernah melihat sosok mantan Presiden Soeharto sedang mengendarai sepeda motor. Ia kerap menggunakan Harley-Davidson kesayangannya untuk mengelilingi istana negara. Tak hanya Harley, ternyata Soeharto juga memiliki sepeda motor lainnya, yakni Suzuki Intruder 400.

Dalam kondisi baik, bahkan kilometernya masih di angka 1.083

Motor ini memiliki kapasitas mesin 399 cc, 2 silinder. Dapur pacu tersebut sanggup menghasilkan tenaga hingga 33 dk dan torsi sebesar 33 Nm. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin lantas disalurkan ke roda belakang melalui transmisi 5 percepatan.

Pelat nomornya pun masih sama

Saat KabarOto mengamati sepeda motor buatan Jepang tersebut, kondisinya masih terbilang apik. Meski beberapa bagian terlihat sudah dihinggapi flek seperti karat.

Kursinya pun masih terbungkus kulit yang mewah tanpa ada kerusakan. kabarnya saat ini motor tersebut telah dirawat oleh salah seorang kerabat keluarga Soeharto.

2. Harley Davidson Road Glide Screamin Eagle - Susilo Bambang Yudhoyono

Bisa dibilang , Susilo Bambang Yudhoyono atau yang akrab dipanggil SBY adalah salah satu mantan Presiden RI yang sangat gemar dengan sepeda motor.

Ia kerap memilih dibonceng oleh Paspamres dengan menggunakan Honda Goldwing untuk mempersingkat waktu tempuh saat melakukan kunjungan kerja.

Motor milik SBY

Sebagai seorang penggemar sepeda motor, Ia pun memiliki sebuah koleksi motor besar dengan merek Harley-Davidson tipe Road Glide Screamin Eagle,yang didatangkan langsung dari Amerika Serikat.

Road Glide Screamin Eagle dilengkapi mesin kapasitas 1.450 cc, dan mesinnya mampu melontarkan daya 115 tenaga kuda, serta Torsi 110 Nm.

SBY saat menaiki motornya (ist)

3. Kawasaki W 175 Bobber Style - Joko Widodo

Motor yang digunakan oleh Presiden Jokowi dalam beberapa kesempatan itu adalah Kawasaki W175 yang sudah dimodifikasi ala bobber. Setangnya dibekali model drag bar yang menyesuaikan dengan postur tubuh Jokowi.

Baca Juga: Husqvarna Tawarkan Promo Voucher Rp 10 Juta Di Telkomsel IIMS 2019

Sering dipakai Jokowi untuk blusukan

Tangkinya dibuat khusus oleh Katros Garage dengan bahan pelat galvanis 1,2 mm, sehingga cukup terlihat lebih ramping dari versi aslinya. Untuk joknya menggunakan kulit sintesis berwarna hitam dan lekukannya cukup dalam sehingga Jokowi pun terlihat nyaman saat mengendarainya.

Motor ini mengusung mesin satu silinder berkapasitas 177 cc. Mesin SOHC 2 katup tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 12,8 dk pada putaran 7.500 rpm dan torsi sebesar 13.2 Nm pada 6.000 rpm.

Motor milik Jokowi

Selain ketiga motor milik presiden dan mantan presiden itu, sebenarnya mantan presiden BJ Habibie juga salah seorang penggemar sepeda motor. Salah seorang youtuber pernah menyambangi garasi rumah Habibie, dan terlihat beberapa koleksi moge, mulai dari BMW, hingga Harley-Davidson.

Habibie dengan Harley kesayangannya

Sayangnya, sepeda motor milik Habibie tidak ikut mejeng di booth Telkomsel tersebut. Wah gak nyangka yah! ternyata orang nomer satu di Republik Indonesia memiliki kegemaran terhadap otomotif juga.