POPULAR STORIES

Mana Yang Benar? Minyak Rem Atau Cairan Rem?

Mana yang Benar? Minyak Rem atau Cairan Rem? Cairan rem Prestone (KO/Edo)

KabarOto.com - PT Autochem Industry, sebagai distributor produk aftermarket Prestone di Indonesia, memperkenalkan produk brake fluid atau yang biasa disebut minyak rem DOT 4 terbaru mereka di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019.

Lalu mana sebutan yang benar, apa kah minyak rem atau cairan rem? Robby Hartono, Direktur PT Autochem Industry menjelaskan, bahwa para pemilik kendaraan bermotor terkadang tak mengerti apa itu cairan rem. Mereka bahkan kerap menyebutnya sebagai minyak rem.

Baca Juga: Keren Abis! Simak Nih 5 Mobil Termahal Yang Ada Di GIIAS 2019

"Padahal yang disebut cairan rem ini bukanlah minyak, karena sifatnya higroskopis atau menyerap air," ujarnya. Karena itu lah, bila cairan rem terkena bodi kendaraan, biasanya para mekanik dengan segera membersikannya menggunakan lap basah atau disiram air, agar tidak merusak cat.

Cairan Rem GIIAS 2019
Talkshow membahas cairan rem

Taqwa Suryo Swasono dari Garden Speed, yang juga berperan sebagai Chief Mechanic Autochem Racing, turut menambahkan bahwa kondisi iklim di Indonesia dengan tingkat kelembaban 60% - 80% sangat berpengaruh terhadap kondisi cairan rem dan akhirnya pada kemampuan pengereman.

"Dengan kandungan air sebanyak 3%, titik didih cairan rem akan turun hingga lebih dari 100o C. Jika titik didih cairan rem tersebut terlewati, maka rem akan rentan untuk blong," ujar Taqwa.

Baca Juga: Jangan Bingung, Ada Berbagai Pilihan Kaca Film Dan Promo Menarik Selama GIIAS 2019

Pada cairan rem Prestone DOT 4 memiliki titik didih 265 o C sementara standar cairan rem DOT 4 kebanyakan hanya 230 o C. Dengan kandungan air 3%, titik didih Prestone DOT 4 tetap memiliki suhu lebih tinggi hingga 155 o C.

"Karena cairan rem itu perlu untuk diganti secara rutin setiap satu tahun atau 20.000 km untuk mobil atau 10.000 km untuk sepeda motor. Cairan rem di mobil dapat bertahan lebih lama karena posisi pada tabung reservoir cairan rem yang ada di dalam ruang mesin sehingga lebih tertutup, dibandingkan sepeda motor yang tabung reservoirnya berada di tempat lebih terbuka," papar Taqwa.