POPULAR STORIES

Mandalika Racing Series Akan Menjadi Supporting Race WSBK

Mandalika Racing Series akan Menjadi Supporting Race WSBK Pengguna motor sport 250 cc berlaga di Sirkuit Mandalika (Foto: Dok AHM)

KabarOto.com - Dalam rangka mendukung gelaran World Superbike di Mandalika International Circuit, 3-5 Maret 2023, MGPA bekerjasama dengan Pride Club, serta Astha, didukung Ikatan Motor Indonesia (IMI), akan menggelar Mandalika Racing Series.

Blap motor ini, akan memayungi aktivitas motorsport dari mulai balap motor termasuk drag bike, endurance dan lainnya. Sebagai event perdana, kejuaraan nasional balap motor sportbike akan digelar bersamaan dengan World Superbike di Mandalika. Event ini, menjadi supporting race.

Baca Juga: 75 Ribu Orang Ditargetkan Menonton WSBK Di Sirkuit Mandalika

Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria mengatakan, pihaknya menyambut baik dibentuknya Mandalika Racing Series, untuk mengakomodasi para penggemar motorsport di Indonesia.

“Kami selalu terbuka terhadap inisiatif atau gagasan, yang berkaitan dengan kemajuan motorsport nasional,” terangnya, Rabu (01/02/2023). Sebagai salah satu bidang yang mampu mengangkat potensi dan prestasi Indonesia, di pentas internasional.

Penyelenggara mandalika Racing Series (Foto: KabarOto)

“Kami sudah berkoordinasi dengan Dorna Sports soal event mandalika series ini, dan mereka merespons positif,” tambahnya. Menurut dia, ini adalah kesempatan bagi para rider Indonesia untuk tampil penuh, di hadapan tim besar WSBK, dan disaksikan puluhan ribu penonton.

“Setelah hampir empat tahun tidak ada lagi kejurnas balap motor sportbike, kami mengambil keputusan untuk mengadakan kembali bersamaan dengan gelaran WSBK,” tambahnya. Ini sebagai bentuk kepedulian terhadap dunia balap motor di Indonesia.

Tujuan mengadakan Mandalika Racing Series, untuk meningkatkan kualitas pembalap Indonesia, melalui kompetisi yang baik dan berkelanjutan.

“Diharapkan dengan bergulirnya kompetisi ini, akan menghasilkan pembalap Indonesia yang siap bersaing di level lebih tinggi, serta memilki prestasi,” jelas Eddy Saputra, inisiator IMI Pusat.

Mandalika Racing Series 2023 untuk Kejurnas Balap Motor Sportbike, rencananya akan diadakan 3 seri. Pertama bersamaaan dengan WSBK, kemudian seri kedua bulan Juli, serta ketiga Oktober.

Kejurnas menyesuaikan dengan kalender balap seperti ARRC dan OnePrix. “Karena mayoritas diikuti pebalap yang sama. Tidak menutup kemungkinan juga pada Oktober akan diadakan sebagai supporting race MotoGP,” tambahnya lagi.

Baca Juga: 90 Bikers Jajal Geber New Honda CBR250RR Di Sirkuit Mandalika

Sebagai informasi, IMI sudah memiliki aturan untuk kejurnas sport, terdiri dari tiga kelas, yaitu 150cc, 250cc serta Supersport 600cc. Mengingat slot waktu yang diberikan Dorna Sports, seri pertama hanya akan mempertandingkan kelas 250cc. Melalui pertimbangan penjenjangan dekat dengan kelas AP250 di ARRC serta WSS300 di WSBK.