POPULAR STORIES

Manhart MH2 560, Proyek Pertama Dari BMW M2 G87

Manhart MH2 560, Proyek Pertama dari BMW M2 G87 Foto: Manhart

KabarOto.com - Pertama kalinya Manhart untuk menggarap BMW M2 G87, peningkatan performa dan handling jadi sasaran utamanya. Akhirnya karya masterpiece tersebut berlabel Manhart MH2 560.

BMW M2 dari seri G87 telah ada di pasaran selama hampir satu tahun. Sejak saat itu, M2 memantapkan dirinya sebagai salah satu peluru performa yang paling dicari di kelas kompak. Tak heran, jika tenaga 460 dk dan 550 Nm dari mesin 6 silinder twin-turbo berkapasitas 3.000 cc ini cukup impresif.

Baca Juga: Garapan Manhart Buat BMW M5 Competition Paling Bertenaga

Manhart melihat peluang untuk melakukan modifikasi yang lebih galak, maka tak heran apabila proyek Manhart MH2 560 jadi jawabannya.

Peningkatan tenaga mesin menjadi 560 dk dan torsi besar 650 Nm berkat unit kontrol tambahan Manhart MHtronik yang disetujui TÜV. Di sisi knalpot, terdapat down pipe Manhart Sport, konverter katalitik HJS dengan sertifikasi ECE serta sistem pembuangan baja tahan karat Manhart dengan fungsi kontrol katup dan empat pipa knalpot 100 mm berwarna hitam doff.

Pipa bawah dan knalpot belakang kit MH2 560 sepenuhnya sesuai dengan TÜV dalam kombinasi ini. Namun puncaknya belum tercapai: Sebagai alternatif, Manhart Race Downpipes dan pipa pengganti OPF-Delete dengan 200-cell catalytic converter dan OPF/GPF Deleter.

Baca Juga: Ketika Manhart Meracik Alpina BMW 2002 Tii Hingga 200 Dk

Bagian kaki-kaki juga mendapatkan sentuhan baru, pelek Manhart Concave One dengan ban 275/25ZR21 di depan dan 295/25ZR21 di belakang. Bagian suspensi mengandalkan coilover Manhart Variant 4 dari KW Suspensions, kemudian apabila ingin lebih keras/kaku tersedia pegas koil lansiran merek serupa.

Meskipun M2 sudah tampak cukup berotot dari pabriknya, hal ini tidak menghentikan Manhart untuk melengkapi MH2 560 dengan persenjataan yang sesungguhnya dari bagian bodi berbahan karbon.

Berkat pemasangan kap karbon Manhart dan kisi-kisi ginjal karbon, bagian depan terlihat lebih dinamis. Sisipan bemper depan Manhart dan bibir spoiler depan Alpha-N berbahan karbon ditambahkan.

Baca Juga: BMW M3 E30 Dapat Tenaga 405 Dk dari Manhart

Tak ketinggalan side skirt untuk menghadirkan berbahan karbon memanjang ke belakang, di mana bibir spoiler karbon di bagasi dan diffuser belakang menggunakan karbon Alpha-N untuk menambah kesan lebih baik.

Interiornya dipercantik dengan alas lantai lansiran Manhart, dan lebih banyak karbon dibeberapa bagian interior.