Manis, Tampilan KIA Xceed 2020 Yang Bergaransi 7 Tahun

Manis, Tampilan KIA Xceed 2020 yang Bergaransi 7 Tahun Foto: Kia

KabarOto.com – Kia mengeluarkan varian Xceed sebagai crossover stylish. Tipe terbaru ini menggabungkan desain ala SUV dalam kemasan sporty model hatchback. Terlihat dari garis bodi yang landai di atap belakang, namun punya ground clearance tinggi. Komposisi ini dipercaya akan menampilkan model yang segar dan berbeda untuk konsumen Eropa.

Xceed akan diproduksi di Zilina, Slovakia dibangun bersamaan dengan mobil Kia lainnya seperti Ceed hatchback 5 pintu, Ceed Sportswagon dan ProCeed. Lalu dijual di seluruh Eropa pada kuartal ketiga tahun 2019. Sebagai standar pabrikan Kia, konsumen Xceed akan mendapatkan garansi mobil selama 7 tahun atau 150.000 kilometer.

Desain yang diusung gabungan hatchback yang ringkas dan sporty, dengan SUV yang luas dan serbaguna. Aura sporty Xceed terlihat dari kap depan panjang, garis bodi belakang yang landai dan trailing edge di dek belakang. Plus, gril khas Kia dengan motif honeycomb.

Baca juga: Test Drive KIA Grand Sedona, Cita Rasa MPV Premium Asal Korea

Sistem penerangan menggunakan LED yang bersinggungan dengan lampu sein LED, berbentuk garis tipis di atas headlamp. Sama seperti lampu di bagian depan, lampu di belakang sudah menggunakan LED.

Masih di eksterior, Kia XCeed menawarkan grip tinggi dengan karakter handling yang menarik dan progresif. Pelek menggunakan bahan alumunium, disediakan opsi antara ban Michelin berukuran 205/60R16 atau ban Continental SportContact 5 ukuran 235/45R18.

Baca juga: Kia Bikin Atap Mobil Bisa Mengisi Listrik

Masuk kabin, Xceed dirancang untuk memperoleh ruang penyimpanan luas seperti SUV, dalam tubuh ringkas seperty hatchback. Desain konsol tengahnya sedikit mengarah ke pengemudi.

Posisi mengemudi Xceed lebih sporty dengan titik pinggul yang lebih rendah daripada SUV dan ground clearance di atas hatchback konvensional, memungkinkan pandangan pengemudi yang lebih baik saat mengemudi.

Suasana kabin dibuat dengan material soft-touch, diiringi trim krom pada dasbor, memberikan nuansa mewah dan berkelas. Untuk jok pengemudi maupun penumpang, konsumen bisa memilih apakah menggunakan kain, kulit sintetis atau kulit asli.

Sistem hiburan, konektivitas dan keselamatan, Xceed salah satu mobil berteknologi paling tinggi dan terlengkap di kelasnya. Misal sistem hiburan menggunakan layar sentuh 10,25 inci, yang terpasang menggunakan kartu eSIM. Ini berfungsi medukung layanan Kia Live, untuk memperbaharui data langsung selama perjalanan.

Layanan Kia Live akan memberikan informasi secara langsung kepada pengemudi mengenai kondisi lalu lintas, ramalan cuaca, tempat-tempat menarik yang ada di sekitar pengemudi, serta rincian parkir kendaraan di suatu tempat, termasuk harga dan ketersediaan lahan parkir.

Sistem hiburan Xceed sudah menggunakan teknologi UVO Connect yang dirancang untuk membawa pengalaman berkendara era digital. Hadirnya UVO Connect dimaksudkan memberikan informasi kepada driver, melalui layar sentuh dan ponsel pengemudi.

Baca juga: Mewahnya Hyundai H-1 Royale Limited Edition Di GIIAS 2019

Kedua teknologi Kia Live dan UVO Connect memungkinkan pengemudi untuk mendapatkan data kondisi lalu lintas sebelum melakukan perjalanan. Teknologi ini memungkinkan pemilik untuk memeriksa lokasi kendaraan mereka kapan saja.

Selain kedua teknologi canggih tersebut, sistem hiburan yang terpasang memiliki fitur-fitur yang dibutuhkan konsumen zaman sekarang dengan koneksi Bluetooth, Apple CarPlay dan Android Auto. Sistem hiburan multi-fungsi tersebut menggunakan sistem audio JBL Premium dengan Clari-Fi.

Fitur menarik lainnya yang ada dari Xceed yaitu hadirnya AC Dual Zone, electric mirror anti-embun, setir dengan pemanas, kursi depan dan belakang dengan fitur pemanas dan pendingin.

Berlanjut ke dapur pacu, Xceed memiliki 3 pilihan mesin bensin. Mesin T-Gdi, 3 silinder berkapasitas 1.000 cc menghasilkan tenaga 118 dk dan torsi 172 Nm. Mesin T-Gdi, 4 silinder berkapasitas 1.400 cc, yang menghasilkan tenaga 138 dk dan torsi 242 Nm. Lalu pilihan paling bertenaga di jajaran Xceed, yakni mesin T-Gdi 1.600 cc menghasilkan output daya 201 dk dan torsi 265 Nm.

Selain mesin bensin, Xceed juga menyediakan 2 opsi mesin diesel. Pertama Smartstream 1.600 cc bertenaga 113 dk atau 134 dk. Baik mesin bensin atau mesin diesel, menggunakan 2 pilihan transmisi manual 6 percepatan atau 7 percepatan ganda. Juga terdapat fitur Idle Stop & Go sebagai standar untuk semua tipe.

Bahkan bagi yang mencari mobil dengan kehematan bahan bakar ekstra, Kia melengkapi jajaran Xceed dengan pilihan mesin 48V plug-in hybrid. Namun opsi mesin hybrid baru akan diluncurkan awal tahun 2020. (Nora Dian Pratama)