POPULAR STORIES

Mantan Pebalap F1 Pecahkan Rekor Dunia

Mantan Pebalap F1 Pecahkan Rekor Dunia Juan Pablo Montoya (istimewa)

Kabaroto.com - Mantan pebalap Formula One (F1), Juan Pablo Montoya, dipilih oleh perusahaan otomotif asal Prancis, Bugatti, untuk memecahkan rekor kecepatan dengan menggunakan mobil Chiron.

Seperti dilansir Carscoops, Rabu (13//9/2017), Montoya memacu mobil Chiron dari kecepatan 0 hingga 44 kilometer per jam. Montoya hanya membutuhkan waktu 41,96 detik untuk memacu mobilnya dari 0 hingga 400 kilometer per jam. Montoya memacu mobil tercepat sejagat versi produksi itu di trek sepanjang 3,1 kilometer.

"Ini benar-benar luar biasa, tidak perlu persiapan yang rumit untuk memacu kendaraan dari 0 ke 400 km/jam lalu balik lagi ke 0 (dalam waktu cepat). Dengan Chiron, semua dilakukan dengan mudah, hanya memulai dan selesai, luar biasa," katanya.

Dia mengaku tidak menggunakan alat pelindung bahu dan kepala bernama HANS dalam pemecahan rekor ini. Biasanya HANS digunakan oleh pembalap di ajang Nascar atau adu kecepatan mobil berisiko tinggi lainnya.

Mobil yang digunakan dalam pemecahan rekor ini masih dalam kondisi standar. Di bagian depan diberi tanda angka '42' yang menunjukkan lama waktu mulai berakselerasi dari 0 sampai 400 km/jam lalu berhenti kembali. Selain itu, 42 adalah nomor yang digunakan Montoya dalam ajang Nascar.