Mantap! BMW Motorrad Andalkan S 1000 RR Bersaing Di WorldSBK 2019

Mantap! BMW Motorrad Andalkan S 1000 RR Bersaing di WorldSBK 2019 BMW S 1000 RR terbaru (BMW)

KabarOto.com - Ajang balap FIM Superbike World Championship (WorldSBK) di tahun 2019 mendatang, rasanya bakal berlangsung semakin seru. Bagaimana tidak, BMW Motorrad Motorsport (BMM) rencananya akan ikut berkompetisi dengan menggunakan BMW S 1000 RR teranyar mereka di ajang itu.

Di ajang ini pun BMW turut menjalin kerja sama dengan Shaun Muir Racing, tim asal Inggris yang akan bergabung sebagai BMW Motorrad WorldSBK Team dan akan bersaing bersama dua pembalap dunia, yakni juara dunia Superbike Tom Sykes (GBR) 2013 dan Markus Reiterberger (GER) sebagai juara Eropa Superstock 1.000 dan juara IDM sebanyak tiga kali.

"Kolaborasi antara BMW Motorrad Motorsport (BMM) dengan Shaun Muir Racing dalam WorldSBK merupakan ekspansi yang cukup signifikan," tulis BMW dalam keterangan resminya. Bersamaan dengan itu, BMM juga melakukan penyesuaian struktur dalam timnya.

Marc Bongers yang sebelumnya menjadi Direktur Teknik, akan menjabat sebagai Direktur BMW Motorrad Motorsport dan berhubungan langsung dengan kepada Kepala BMW Motorrad, Dr. Markus Schramm.

Baca juga: Profil - BMW G310R

Selain itu, divisi BMW Motorrad Motorsport dan BMW Group Motorsport juga akan meningkatkan sinergitas antara mereka. Tujuannya adalah untuk menggabungkan kompetensi dari balap mobil dan sepeda motor.

Dalam kerja sama dengan Shaun Muir Racing di WorldSBK, BMW Motorrad Motorsport akan bertanggung jawab dalam pengembangan mesin, elektronik, chassis dan aerodinamis. Sedangkan Shaun Muir Racing akan bertanggung jawab untuk semua area pengujian dan balap kompetitif.

S 1000 RR bakal dipakai di ajang WSBK 2019

Baca Juga: Stan Lee, Legenda Marvel Kolektor Mobil Mewah Yang Benci Iklan Mobil

Seperti diketahui, seri terbaru dari BMW S 1000 RR memulai debut publiknya pada tanggal 6 November 2018 lalu di ajang EICMA Milan, Italia. BMW Motorrad Motorsport saat ini mengembangkan komponen motor balap, yang akan digunakan untuk memodifikasi superbike tersebut sehingga mampu untuk berkompetisi di top level.

BMW Motorrad WorldSBK Team, memilih duo pembalap berbakat untuk tahun 2019 bukan tanpa alasan. Tom Sykes misalna, pembalap berusia 33 tahun ini telah mengikuti kompetisi di WorldSBK sejak 2008 dan dinobatkan sebagai Superbike World Champion pada tahun 2013.

Selain itu, Tom juga telah mencatat rekor sebanyak 34 kali sebagai pemenang. Penampilannya di babak kualifikasi juga mengesankan, karena telah membukukan rekor sebanyak 48 pole position. Tom Sykes akan bersaing dengan BMW S 1000 RR untuk pertama kalinya pada 2019.

Sedangkan Markus Reiterberger yang memiliki nama panggilan “Reiti” memulai karir internasionalnya dengan BMW pada tahun 2011 dengan FIM Superstock 1000 Cup. Ia merebut dua gelar International German Motor Championship (IDM) pertamanya pada 2013 dan 2015.

Pada 2013, Reiterberger juga mencetak poin kejuaraan dunia pertamanya sebagai pebalap tamu dalam perlombaan WorldSBK di Nürburgring (GER).

Pada tahun 2017, Reiterberger memutuskan untuk kembali ke IDM dan meraih gelar ketiganya di sana. Belum lama, pebalap BMW berusia 24 tahun itu dinobatkan sebagai Juara Eropa di Kejuaraan Eropa FIM Superstock 1000.