Maraknya Modifikasi, Mesin Mobil Jadi Incaran Modifikator Roda Dua

Maraknya Modifikasi, Mesin Mobil Jadi Incaran Modifikator Roda Dua Ilustrasi modifikasi roda dua (istimewa)

KabarOto.com - Berkembangnya dunia otomotif khususnya roda dua memicu para builder untuk menciptakan kendaraan dengan tampilan yang berbeda. Builder-builder tanah air dengan ide-ide cemerlangnya mencoba berkreasi, tidak hanya menggunakan mesin standar pabrikan, mesin mobil pun menjadi incaran mereka untuk membuat karya yang ciamik.

Baca Juga: Fungsi Hole Saw untuk Modifikasi Otomotif

kabarOto

Builder-builder banyak yang merubah spesifikasi mesin menjadi lebih besar, serta torsi dan tenaga mumpuni serta tampilan dahsyat. Seperti yang diungkapkan Wansko dari D'Moto yang berada di Tangerang.

"Saat ini modifikasi roda dua sedang menggila dan menjadi fenomena tersendiri di dunia otomotif tanah air, tidak hanya bermain dengan tampilannya saja. Sekarang mulai bermain pada dapur pacu, tak jarang modifikator saat ini menjejalkan mesin dengan performa tinggi dengan kapasitas cc besar." Ungkap Wansko kepada kabarOto.

Untuk menghasilkan tampilan dan penggunaan mesin bertenaga besar, para builder merubah mesin standar satu silinder dengan cara menambahkan silinder lainnya dalam satu rangka roda dua.

Penggunaan mesin mobil untuk modifikasi roda dua menjadi pilihan kedua setelah mempertimbangkan efisiensi dan biaya . Bila harus menambahkan jumlah silinder dan merubah rangka motor biayanya juga menyerupai harga sebuah mesin motor besar 400 cc atau lebih. Dan hal inilah yang menjadi pertimbangan para modifikator untuk memutuskan pilihan menggunakan mesin roda empat untuk memodifikasi roda dua.

Lalu mengapa harus memodifikasi jika ingin menggunakan kendaraan bertenaga besar, beli saja motor besar dan urusan selesai. "Memodifikasi roda dua memiliki pesona tersendiri, yang nantinya menjadi kepuasan pribadi yang tidak terbayarkan oleh rupiah," tutup Wansko.

Seperti yang saat ini banyak diperbincangkan para modifikator, pemilihan jenis mesin mobil juga terbilang gampang-gampang susah, karena bagian mesin mobil dan gearboxnya terpisah. Idealnya banyak modifikator yang menggunakan gearbox motor Inggris seperti BSA, Matchles, atau AJS, namun ada juga yang menggunakan gearbok mesin motor Jepang.

Berikut ini beberapa mesin mobil yang jadi incaran para modifikator roda dua untuk menunjang hasil karyanya.

1. Mazda B600.

Mesin mobil lansiran Mazda tahun 1969 tipe B600 ini paling banyak diburu karena kontruksi mesinnya mirip Harley Davidson jenis Ironhead. Dengan kapasitas mesin 600cc V-Twin yang sudutnya lebih renggang dari mesin H-D membuat suara langkah mesinnya 11-12 mirip dan menjadikannya favorit untuk dijadikan motor.

kabarOto

2. Hijet Wide 55.

Mesin yang digunakan mobil Daihatsu tahun 1979-1982 ini berkapasitas 550cc 2 silinder segaris dan dibekali pendingin cairan atau radiator.

kabarOto

3. Honda life 55.

Mesin mobilini memiliki karakter sama dengan mesin keluaran Daihatsu. Honda Life sendiri diproduksi mulai tahun 1971-1974 mesinnya berkapasitas 550 cc dua silinder segaris berpendingin cairan.

kabarOto

4. Toyopet Publica Boxer.

Mesin Boxer 2 silinder keluaran Toyota ini juga menjadi favorit di kalangan pemburu mesin klasik. Pasalnya mesin Toyota Publica lansiran tahun 1960-an ini berkonfigurasi flat twin seperti motor BMW R47 atau sejenisnya.

kabarOto

5. Citroen 2CV Boxer.

Mesin yang digunakan mobil Citroen 2CV ini juga mirip dengan Toyota Publica 2 silinder flat twin, atau mirip juga dengan mesin BMW boxer berpendingin udara.

kabarOto