POPULAR STORIES

Mario Aji Siap Debut Di Grand Prix Moto3

 Mario Aji Siap Debut di Grand Prix Moto3

KabarOto.com - Pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT), Mario Suryo Aji siap berlaga di ajang balap kelas dunia Grand Prix Moto3 2021. Dia akan turun di dua seri tahun ini, melalui kesempatan wildcard yaitu di Misano World Circuit Marco Simoncelli, Italia (24/10) dan Algarve Internacional Circuit, Portimao, Portugal (7/11).

Mario adalah satu-satunya pembalap Indonesia yang bernaung di Honda Team Asia, dan memiliki kesempatan wildcard, tanpa menggantikan pembalap lain di ajang Grand Prix hingga 2 race.

Baca Juga: Tak Ingin Gagal, Mario Optimis Di FIM CEV Moto3 Junior World Championship Aragon

"Dia merasa terkejut dan gembira, mendapat kesempatan langka mengikuti balapan World Championship untuk pertama kalinya. "Ini tentu menjadi motivasi besar untuk saya. Berbekal pengalaman balap di Misano dan Algarve pada FIM CEV, membuat saya semakin bersemangat," terang Mario.

Mario adalah jebolan Astra Honda Racing School tahun 2016. Performa menjanjikan yang selalu ditampilkan oleh pemuda kelahiran Madiun ini, membuka jalan bagi dirinya dalam menapaki jenjang balap yang disusun oleh PT Astra Honda Motor (AHM).

Dimulai dengan mengikuti ajang Thailand Talent Cup pada tahun 2017, Mario pun mampu menunjukan aksi gemilang. Hal ini membuatnya menjadi bagian pebalap AHRT yang turun di ajang Asia talent Cup (ATC) dan Asia Road Racing Championship (ARRC) di kelas AP250 pada tahun 2018. Di ajang balap ATC, Mario mampu mengisi posisi 5 besar dan pada ajang ARRC AP250, Mario dapat menembus posisi 6 besar.

Penampilan yang semakin impresif ditunjukkan oleh rider berusia 17 tahun ini. Finis di posisi keempat pada seri Estoril dan mengisi pole position di seri Catalunya merupakan raihan terbaik Mario di musim ini.

GM Marketing and Planning Analysis AHM Andy Wijaya mengatakan, kesempatan yang didapat Mario untuk bersaing di sirkuit Misano dan Algarve pada ajang Grand Prix, merupakan perwujudan target pembinaan balap berjenjang, yang dilakukan AHM dalam mengantar pembalapnya bersaing hingga ajang balap level dunia.

Baca Juga: Sodok Posisi Ke-6, Mario Suryo Aji Harus Alami Kecelakaan Di Lap Terakhir

Kemampuan balap Mario pun terus berkembang. Pada tahun 2019, ia didapuk oleh AHRT untuk turun di ajang FIM CEV Moto3 Junior World Championship. Saat ini, perjalanan Mario Aji di FIM CEV pun telah memasuki tahun ketiga.