POPULAR STORIES

Masa Pemulihan, Ekspor Mobil Toyota Mencapai 127 Ribu

Masa Pemulihan, Ekspor Mobil Toyota Mencapai 127 Ribu Ekspor Toyota ke berbagai negara

KabarOto.com - Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menjadi salah satu industri otomotif yang terdampak Pandemik Covid-19. Pasalnya, awal tahun 2020 ini capaian ekspor TMMIN menurun, disebabkan seluruh negara tujuan ekspor melakukan lockdown, untuk menghentikan penyebaran virus corona.

Namun, kini memasuki akhir tahun, TMMIN mencatatkan capaian ekspor nasional hingga 180.000 unit. Untuk Toyota sendiri 127.000 unit sampai November lalu," terang Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal TMMIN Bob Azam.

Baca Juga: Toyota Sudah Siapkan 10 Mobil Listrik Untuk Indonesia

Jika dikalkulasi, jumlahnya dibanding tahun 2019 turun sekitar 25 - 30%. Sementara untuk bulan November, menurut Bob, angkanya naik 9% dibanding bulan yang sama tahun lalu.

Semnentara itu, penjualan di dalam negeri sudah masuk masa recovery, baru 50%. Bob memaparkan, recovery di ekspor lebih cepat dibandingkan domestik. "Pemulihan otomotif untuk pasar ekspor lebih cepat dari dalam negeri," terangnya, saat live melalui akun instagram, Rabu (17/12).

Ia optimis menghadapi tahun 2021 mendatang. "Mudah-mudahan lebih baik apalagi ada vaksin," tambah Bob. Namun, di lain sisi menurut dia banyak kalangan yang melihat 2021 itu bisa recovery menjadi lebih baik, bisa menjadi situasi lebih buruk.

"Dari situ juga kami hati-hati, karena bisa jadi penanganan Covid-19 ini naik turun," terang Bob lagi. Beberapa negara pun menurut dia melakukan lockdown lagi.

Baca Juga: Toyota Andalkan Kegiatan Digital Untuk Menjual Produknya Selama Pandemik

Ke depan, TMMIN mengaku sedang mengembangkan kendaraan Hybrid untuk pasar domestik dan juga ekspor. Sebagai dukungan terhadap pemerintah Indonesia dan juga negara lain untuk menurunkan emisi gas buang kendaraan bensin. "Kami sudah siapkan lokal hybrid, dan nantinya untuk pasar ekspor juga," tambahnya.