POPULAR STORIES

Masa Uji Coba, Tol Pandaan-Malang Seksi 5 Masih Gratis

Masa Uji Coba, Tol Pandaan-Malang Seksi 5 Masih Gratis Pintu Tol Pandaan-Malang (JM)

KabarOto.com - Dalam situasi merebaknya penyebaran Covid-19 atau yang dikenal dengan virus Corona, PT Jasa Marga melalui anak perusahaannya PT Jasamarga Transjawa Tollroad baru saja meresmikan Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi Pakis-Malang.

Peresmian tersebut, dilakukan pada Selasa 7 April 2020 pukul 21.00 WIB. Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) Agus Purnomo mengatakan, pengoperasian Ruas Tol Pandaan-Malang Seksi 5 Pakis-Malang saat ini, diberlakukan tanpa tarif alias gratis, karena dalam masa uji coba.

Baca Juga: Bapenda Jakarta Anjurkan Pembayaran Pajak Kendaraan Melalui Online

"Pengoperasian tanpa tarif ini ditujukan sebagai bentuk sosialisasi, khususnya masyarakat di sekitar Surabaya dan Malang. Masa berlakunya sampai dengan waktu yang akan ditentukan oleh Pemerintah," ujar Agus.

Selama masa uji coba, bagi pengguna jalan tol yang masuk dari Gerbang Tol (GT) Pandaan, Purwodadi, Lawang, atau Singosari menuju Malang, di gerbang tol keluar tetap wajib membayar tarif tol sampai dengan GT Pakis, sesuai golongan kendaraan dan asal gerbang.

Dalam tahap sosialisasi

Begitu juga sebaliknya untuk kendaraan dari GT Malang ke Singosari, Lawang, Purwodadi atau Pandaan lewat jalan tol, di gerbang tol keluar tetap wajib membayar tarif tol yang diperhitungkan dari GT Pakis, sesuai golongan kendaraan.

"Sehingga tarif Rp 0 atau gratis, hanya berlaku untuk perjalanan Pakis-Malang dan sebaliknya," jelas Agus. Nah, bagi warga yang penasaran ingin mencoba lewat tol tersebut, sebaiknya ditunda dulu ya, bila tidak ada keperluan mendesak.

Baca Juga: Cegah Penyebaran Covid-19, BMW Astra Layani Pembersihan Sirkulasi Udara, Gratis!

Hal itu sesuai dengan instruksi pemerintah, agar masyarakat berdiam diri di rumah, guna mencegah penyebaran virus Covid-19. Namun, bila terpaksa harus melewati tol tersebut, Agus mengimbau untuk berhati-hati.

"Kepada pengguna jalan untuk tetap berhati-hati dan menaati rambu-rambu, serta memantau kondisi lalu lintas perjalanan. Informasi lalu lintas di seputar tol dapat diakses melalui Call Center 24 Jam di nomor 14080," pungkas Agus.