Masih Pakai Bomb Sticker Di Kendaraan Kesayangan? Ini Tips Merawatannya

Masih Pakai Bomb Sticker di Kendaraan Kesayangan? Ini Tips Merawatannya Modifikasi bomb sticker. (Foto: Istimewa)

Tren penggunaan bomb sticker tampaknya sudah mulai ditinggalkan oleh para pecinta modifikasi bodi kendaraan, namun beberapa orang masih ada yang tertarik dengan gaya modifikasi bomb sticker ini.

Banyak pemilik kendaraan pengguna bom sticker ini yang memasang hanya padah salah satu panel bodi mobil atau motor hingga menutupi semua permukaannya, atau di bagian lips spoiler yang sengaja dipenuhi dengan beraneka ragam stiker sehingga jadi terlihat penuh warna. Selain bergaya, bomb sticker memang berguna untuk melindungi cat mobil kita. Cara perawatannya juga ternyata tidak merepotkan kok.

Salah satu penyedia jasa jual dan pemasangan sticker yang ditemui Kabaroto di daerah Sunter yang akrab disapa bang Engkos menjelaskan, sebelum memasang bomb sticker pada kendaraan, perhatikan dulu cat pada bodynya. Jika body ternyata pernah dicat ulang atau yang bukan orisinal pabrikan, ini akan membuat pernis ikut menempel ketika sticker dicabut dan tentunya cat bodi mobil menjadi rusak.

Berbeda jika mobil Anda masih dilindungi cat dari pabrikan. Selain kualitas catnya yang bagus, pemasangan sticker juga jauh lebih mudah, dan resiko kerusakan cat bodi kendaraan ketika sticker dilepas juga lebih sedikit.

Dari penjelasan bang Engkos, dibeberapa gerai spesialis stiker, bomb sticker dicetak di atas stiker vinyl warna polos. Bahannya yakni latex print high resolution 80 micron Euro Vinyl dengan teknik super thin clear coat sharp yang menghasilkan image detail. Bahan ini diklaim mampu bertahan 1 hingga 2 tahun. ?Untuk perawatan cukup dihindari dari gesekan, kepentok, dan terkena bensin.