POPULAR STORIES

Masuki New Normal, Permintaan Mobil Suzuki Mulai Meningkat

Masuki New Normal, Permintaan Mobil Suzuki Mulai Meningkat Suzuki XL-7

KabarOto.com - Masuki masa new normal, pemegang merek kendaraan Suzuki di Tanah Air, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengaku berhasil mencatatkan peningkatan pangsa pasar yang cukup baik, pada Juni 2020.

Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS mengatakan, peningkatan ini seiring dengan kegiatan masyarakat yang berangsur pulih, sehingga rencana pembelian mobil yang sempat tertunda selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kini bisa direalisasikan.

Baca Juga: Modifikasi Honda Civic Type R, Berani Asapi Corvette C8

"Banyak masyarakat yang menunda membeli mobil karena adanya pembatasan aktivitas. Tapi sekarang kegiatan masyarakat dan logistik sudah mulai pulih. Selain itu, penggunaan mobil pribadi menjadi alternatif untuk mengurangi risiko terpapar Covid-19," tuturnya.

Ia menambahkan, hal ini yang mendorong pangsa pasar Suzuki secara ritel naik dari 12,9% di bulan Mei menjadi 14,1% di bulan Juni. Selain itu, dukungan dari perusahaan leasing turut meningkatkan pangsa pasar Suzuki di industri otomotif nasional.

Carry pikap kalahkan penjualan mobil penumpang

Kontribusi terbesar terhadap peningkatan pangsa pasar retail sales ini berasal dari New Carry Pick Up sebesar 56,8%. Setelah itu disusul XL7 sebesar 13,5% dan All New Ertiga yang juga mendongkrak peningkatan pangsa pasar dengan kontribusi 12,1%.

"Selain itu, model-model lain seperti SX4 S-Cross, New Baleno, Jimny dan New Ignis memberikan kontribusi 10,1% dari total penjualan Suzuki di bulan Juni," ungkap Donny.

Baca Juga: Simak Sejarah Singkat Perjalanan Mesin Mazda Rotary

Peningkatan New Carry Pick Up terbilang menarik, karena terus melebihi penggunaan kendaraan penumpang. Donny menjelaskan, hal ini terjadi karena banyak bermunculan UMKM yang membutuhkan kendaraan operasional.

"Kegiatan logistik dan pengiriman tetap dibutuhkan meski dalam kondisi pandemi. Hal ini yang membuat kontribusi New Carry tetap tinggi. Tapi kendaraan penumpang juga mulai kembali naik permintaannya, seperti produk lokal terbaru andalan Suzuki, yaitu XL7," pungkas Donny.