Modifikasi Honda Civic Type R, Berani Asapi Corvette C8

Modifikasi Honda Civic Type R, Berani Asapi Corvette C8 Sumber : Super Street

KabarOto.com – Honda Civic Type R milik HondaPro Jason asal Chicago, Amerika Serikat ini memang menarik, bukan hanya warnanya. Melainkan dibalik kap mesinnya, mesin K20C1 bawaan ternyata sudah di-upgrade sedemikian rupa. Bagaimana spesifikasinya?

Bagian eksterior minim ubahan, cat ulang dipilih warna Phoenix Yellow. Bagian atap mobil menggunakan bahan karbon lansiran Seibon yang ringan, spoiler menggunakan lansiran Mugen dan mengaplikasi hood scoop.

Soal kaki-kaki, pemiliknya menggunakan pelek dari Titan 7 ukuran 19 inci, dengan lebar 9 depan dan 11 belakang, finishing bronze yang terkesan JDM banget. Tidak lupa dibalut ban performa tinggi Pirelli P Zero Corsa 255/35 R19 di depan dan 295/30 R19 belakang.

Baca Juga : Modifikasi Langka Honda Jazz GK5 Pakai Kit Modulo Style

Sementara soal pengereman dan suspensi, hanya disempurnakan beberapa bagian saja. Rem sudah BBK dari Brembo ukuran 4 piston, dengan disc brake berventilasi. Lalu suspensi masih standar dan hanya ditambahkan strut bar bagaian depan, serta Spoon rigid collar agar handling lebih baik dan kokoh.

Berbicara mesinnya nih menarik, sebab tenaga dari K20C1 yang 310 dk itu sudah dimaksimalkan lagi. Menggunakan intake Eventuri, Dream Automotive down pipe, Rampage pipa titanium inlet, Pure Turbo upgraded turbocharger dengan USR heat shield, Hondata direct injection fuel system upgrade, Spoon Sports valve cover, oilcap, dan reservoir cover.

Lalu 27WON intercooler, Hasport engine mounting, AWE Touring Edition exhaust versi black diamond. Disempurnakan oleh pengaturan ECU Hondata FlashPro.

Hasilnya? Tenaga melejit jadi 452 dk dan torsi maksimum 522 Nm. Walau diatas kertas tenaga C8 lebih besar yakni 495 dk, tapi di alat dyno hanya tercatat 440 dk di roda, jadi siapa yang kira-kira akan menang?

Baca Juga : AC Cobra Kembali Lahir, Kini Gunakan Tenaga Listrik Dan Mesin Mustang

Transmisinya pun masih menggunakan standarnya yakni manual 6 percepatan, bagian kopling sudah diganti Action, dan shifter yang bisa diatur sesuai keinginan lansiran Acuity.

Apakah kabin dimodifikasi juga? Jawabannya, hanya ditambahkan balutan bahan alcantara pada setir dan kulit sekitar tuas transmisi saja kok. Sisanya baik fitur entertainment, AC, jok bucket seat-nya, semua sesuai bawaan pabrik.