Masyarakat Lebak, Banten Akan Merasakan Manfaat AMMDes Ambulance Feeder

Masyarakat Lebak, Banten Akan Merasakan Manfaat AMMDes Ambulance Feeder

KabarOto.com - Kementerian Perindustrian bekerja sama dengan USAID menalin, PT. Samudera Marine Indonesia, PT. Kreasi Mandiri Wintor Indonesia dan PT. Kreasi Mandiri Wintor Distributor memberikan dua buah Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) kepada Pemerintah Kabupaten Lebak, Banten.

Kendaraan multiguna ini diberikan untuk meningkatkan pelayanan transportasi rujukan kesehatan dan membantu masyarakat dalam menurunkan angka kematian ibu dan bayi di Kabupaten Lebak, Banten. Ini merupakan Pilot Project Peningkatan Pelayanan Transportasi Rujukan Kesehatan melalui pemanfaatan AMMDes Pengumpan Ambulance.

Baca Juga: Pacu Produktivitas Masyarakat Desa, AMMDes Siap Rambah Pasar Ekspor 49 Negara

Aplikasi AMMDes bisa berubah sesuai dengan kebutuhan.

Seperti diketahui, Lebak banten merupakan Kabupaten terbesar di Banten yang memiliki panjang jalan 5000 km. Dengan jalan sepanjang ini, akan sulit bagi masyarakat khususnya ibu hamil untuk menjangkau Rumah Sakit terdekat. Oleh karena itu, AMMDes yang telah diubah menjadi sebuah Ambulance ini diberikan untuk membantu ibu hamil yang akan melahirkan di pelosok-pelosok desa dibawa ke rumah sakit di kota.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin, Putu Juli Ardika mengatakan, ini merupakan Pilot Project dan Kemenperin terus membuka peluang untuk Pemerintah daerah yang ingin menggunakan kendaraan ini untuk memajukan perekonomian masyarakat di daerahnya.

AMDes yag berubah fungsi menjadi Ambulance.

"Aplikasi AMMDes bisa disesuaikan dengan kebutuhan, karena di Lebak ini angka kematian ibu hamil dan bayi cukup banyak maka Feeder Ambulance ini yang disiapkan, untuk mengurangi hal tersebut" papar Putu di kantor Pemerintah Kabupaten Lebak, Banten.

Putu juga menyampaikan, tak tertutup kemungkinan AMMDes ini bisa berubah fungsi untuk kebutuhan seperti penjernih air, penggiling padi dan sebagainya. "Kalau memang dibutuhkan satu kendaraan untuk beberapa aplikasi misalnya mendukung pertanian, ambulance atau lainnya bisa juga, karena ini kan multiguna," tambah Putu.

Hj. Iti Octavia Jayabaya, SE, MM Bupati Lebak mengatakan, dengan pilot project ini diharapkan kedepan AMMDes bisa mendukung pembanguann Kabupaten Lebak dari daerah tertingal.

Putu Juli Ardika dan Iti Octavia Jayabaya mencoba AMMDes Ambulance Feeder.

"Dengan pilot project ini, Lebak diharapkan bisa menjadi Kabupaten terdepan tidak tertinggal lagi. Secara geografis Lebak dekat dengan Ibukota, tapi kenapa tertinggal, antar kampung dan antar desa harus melalui jembatan gantung, infrastruktur belum memadai, jadi kematian ibu hamil dan bayi sangat tinggi, dengan ini semoga bisa teratasi," terangnya.

Baca Juga: Keren.. AMMDes Jadi Ambulance Feeder Di Lebak, Banten

Iti pun berencana kedepan AMMDes ini bisa digunakan juga untuk mendorong sektor pertanian di Lebak. "Nanti sesuai dengan kebutuhan saja, bisa untuk penggiling padi, mendukung sektor perkebunan dan pertanian di Lebak ini," paparnya lagi.

Dalam proses penyerahan AMMDes, Putu dan Iti Octavia pun mencoba kendaraan Multiguna ini mengelilingi halaman kantor Bupati, Lebak Banten. Bentuknya yang terlihat kokoh dengan mesin diesel yang kuat membuat kendaraan ini sangat cocok digunakan di desa-desa yang jauh dari kota.