POPULAR STORIES

Masyarakat Luar Pulau Jawa Lebih Pilih SUV Dibandingkan MPV? Begini Penjelasannya

Masyarakat Luar Pulau Jawa Lebih Pilih SUV Dibandingkan MPV? Begini Penjelasannya (Foto: Kipli/ KO)

KabarOto.com - Tidak dipungkiri lagi, Toyota Avanza telah sekian lama berada di puncak kedigdayaannya dalam hal penjualan kelas LMPV di Tanah Air, namun ternyata, kini rivalitas datang dari saudaranya sendiri yakni Toyota Rush. Bagaimana bisa?

Masyarakat sendiri banyak memilih Avanza bertahun-tahun sebagai mobil operasional. Tentu banyak pertimbangannya seperti suku cadang melimpah dengan harga terjangkau dengan banderol unit mobilnya yang dianggap sanggup untuk dimiliki banyak kalangan.

Baca Juga: Titik Rawan Macet Mudik Lebaran Idul Fitri 2024 yang Harus Sobat Waspadai

Alasan penggerak roda

"Positioning ini berubah, tepatnya sejak kehadiran Avanza baru yang berubah layout penggerak rodanya dari rear wheel drive (RWD) menjadi front wheel drive (FWD), terutama bagi konsumen luar pulau Jawa seperti Kalimantan, Sulawesi maupun Sumatera yang mungkin tinggal di daerah dengan infrastruktur jalan relatif belum memadai," jelas Richard Wang, selaku Marketing Dept. Head Toyota Astra Financial (TAF) ketika diwawancarai KabarOto.

Alasan spesifiknya, Richard bilang, banyak konsumen yang masih enggan menggunakan Avanza terbaru dengan tipe penggerak FWD untuk mereka yang tinggal di pedalaman dengan jalan kurang mulus dan perbukitan yang berkelok dan menanjak tajam.

Baca Juga: 4 Tipe New Toyota Rush GR Sport dan Harganya

Beri edukasi pada konsumen

"Iya, kami pun susah payah memberikan penjelasan dan edukasi, bahwa pabrikan pastinya sudah memperhitungkan kemampuan mobil tersebut, namun tetap saja, masyarakatnya sendiri yang masih tetap pada pendiriannya untuk berpaling ke Toyota Rush yang masih berpenggerak roda belakang," sambungnya.

Ia bilang, meski demikian, memang masyarakat yang masih jatuh hati dengan Avanza masih cukup banyak, "Contohnya di pulau Jawa dan Bali. Mereka masih percaya Avanza berpenggerak roda depan ini sanggup mengakomodir kebutuhan mobilitas sehari-hari. Rental dan showroom mobil juga masih banyak yang ambil (beli) unit Avanza untuk 2 pulau ini menurut catatan penjualan kami," tutupnya.

Memang, semua kembali lagi ke selera personal dan dana masing-masing. Jadi, kalau Sobat pilih yang mana, nih?