POPULAR STORIES

Mau Beli Motor? Perhatikan Dulu Beberapa Hal Ini

Mau Beli Motor? Perhatikan Dulu Beberapa Hal Ini Pilih sepeda motor yang sesuai kebutuhan

KabarOto.com - Sepeda motor, adalah kendaraan roda dua yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Terlebih saat Pandemik Covid-19. Di mana setiap orang harus menjaga jarak, dan mengurangi aktivitas menggunakan angkutan umum. Hal itu membuat sepeda motor banyak dicari, untuk keamanan dan kenyamanan agar terhinda dari Covid-19.

Namun, ada baiknya jika akhir tahun ini ingin membeli motor, beberapa hal harus diperhatikan. Oke Desiyanto, Safety Riding Supervisor Astra Motor Jawa Tengah, memberikan beberapa tips bagaimana memilih sepeda motor agar sesuai dengan keinginan.

Baca Juga: Tutup Tahun, Astra Honda Motor Gelar Kegiatan Safety Riding Nyaris 1500 Kali

Pemilihan sepeda motor harus didasari dengan kebutuhan, misalkan untuk digunakan sehari-hari seperti bekerja, berbelanja ke pasar, antar jemput anak, sekolah, bergaul dengan komunitas atau mendukung hobi.

Pemilihan motor yang sesuai kebutuhan

"Kebutuhan sehari–hari pakai motor yang praktis dan irit tentunya," terang Oke.

Untuk komunitas atau hobi bisa disesuaikan dengan kegemaran terhadap motor berkemampuan khusus atau bentuk yang tidak umum.

Sepeda motor yang akan dibeli juga menurut Oke digunakan untuk jalan di dalam atau luar kota, jalanan sempit atau lebar dan melewati jalanan macet. Ini untuk menentukan profil ban, keandalan suspensi, ketinggian motor dari tanah.

"Motor itu mudah dikendalikan, posisi berkendaranya bagaimana, jadi lebih aman dan nyaman saat digunakan," tambahnya.

Dimensi kendaraan juga menjadi satu acuan saat memilih sepeda motor. Karena dimensi menentukan faktor berkendara dan kepraktisan, saat berada di jalan raya yang padat.

"Sangat berhubungan dengan kemudahan dan kepraktisan dalam berkendara," tambah dia.

Motor juga harus dilihat dari biaya operasional yang akan dikeluarkan. Misalnya kemampuan jarak motor dan kapasitas tangki serta keiritan yang terkait dengan nilai ekonomis untuk digunakan.

"Fungsional sangat penting, apalagi kalau dipakai harian, bisa membawa barang dan sebagainya," terang Oke lagi.

Fitur-fitur pendukung juga mesti dilihat, untuk mendukung berkendara sehari-hari. Terutama yang berhubungan dengan keselamatan. di antaranya Combi Brake System (CBS) yang membantu pengendara melakukan pengereman.

Selain itu, pilih rangka yang rigid dan mudah bermanuver, indikator ECO memudahkan kita memantau pola berkendara hemat, selanjutnya selalu memantau indikator penggantian oli, indikator kekuatan baterai untuk mengetahui kondisi motor.

Selanjutnya volume bagasi dalam hal barang bawaan, power outlet atau USB power menjadi kebutuhan extra pada motor.

Baca Juga: Libur Akhir Tahun, Lakukan Ini Sebelum Motor Tak Dipakai

Kemampuan motor berhubungan dengan manuver dan kelincahan, di mana dimensi, berat dan karakter mesin sangat berpengaruh.

"Makin besar dimensi motor, kapasitas mesin dan tinggi kendaraan pasti membutuhkan kemahiran berkendara," terangnya.

Agar tetap aman dan nyaman. Dia menyarankan, pilih motor yang sesuai dengan tinggi pengendara dan cocok dengan postur tubuh.