POPULAR STORIES

Mau Jadi Juara Honda Racing Simulator Championship, Ini Rahasianya

Mau Jadi Juara Honda Racing Simulator Championship, Ini Rahasianya Ilustrasi balapan virtual

KabarOto.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku pemegang merek Honda di Indonesia, sebelumnya telah rutin menggelar balapan Honda Jazz Speed Challenge (HJSC) dan Honda Biro Speed Challenge (HBSC) di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Namun, di tengah kondisi pandemik Virus Covid-19, ajang tahunan tersebut terpaksa dihentikan. Sebagai gantinya, HPM membuat inovasi dengan menggelar Honda Racing Simulator Championship (HRSC).

Baca Juga: Bugatti Dan Jacob & Co. Kolaborasi Buat Koleksi Jam Seharga Rp8,7 Miliar

Business Innovation and Marketing & Sales Director HPM, Yusak Billy mengatakan, ajang HRSC merupakan sebuah kejuaraan simulator balap secara online, yang diselenggarakan oleh HPM bekerjasama dengan HM Engineering.

"Kami senang menyambut respon positif atas penyelenggaraan HRSC ini, salah satunya dengan jumlah pendaftar lebih dari 230 orang, melampaui target awal kami sebesar 100 orang," ujar Billy.

Nantinya, kejuaraan HRSC mengusung konsep balap One Make Race (OMR), di mana setiap peserta akan menggunakan mobil balap Honda Civic Type R Sport Version dalam program simulator balap Rfactor 2.

Koneksi internet lancar hindari lag saat balapan

Untuk meraih gelar juara, setiap peserta harus berlomba mengumpulkan poin sepanjang 6 seri yang akan digelar di beragam sirkuit virtual, dimulai dari Sirkuit Suzuka, Sepang, Silverstone, Interlagos, Zandvoort dan Estoril.

Guna menunjang kelancaran saat mengikuti kompetisi, Billy mengimbau kepada para peserta untuk mengatur software dan koneksi internet sebelum mengikuti balap. Koneksi Internet, tentunya menjadi poin penting dalam kejuaraan ini.

"Peserta direkomendasikan menggunakan kabel LAN, untuk memastikan koneksi internet yang stabil dan mengatur tampilan gambar di layar hingga minimal 60 frames per-second (FPS) untuk menghindari gejala lag," jelasnya.

Selain itu, untuk dapat meraih gelar juara, para peserta perlu memahami teori balapan dan terus berlatih menggunakan software simulator. Seluruh peserta juga perlu memerhatikan dan menaati peraturan, agar terhindar dari resiko diskualifikasi.

Baca Juga: Review Mobil Bekas Nissan X-Trail T30

Pada ajang ini, HRSC memberikan total hadiah sebesar Rp 65 juta bagi 10 orang pemenang. Untuk kelas Professional, juara I akan memperoleh hadiah sebesar Rp20 juta, juara II Rp10 juta, dan juara III Rp8 juta.

Sementara untuk kelas Amatir, juara I akan memperoleh hadiah sebesar Rp5 juta, juara II Rp4,5 juta, dan juara III sebesar Rp3 juta.