Mau Modifikasi Motor Custom Berbiaya Murah, Ini Tipsnya

Mau Modifikasi Motor Custom Berbiaya Murah, Ini Tipsnya Scorpio Bobber Style (Foto: BMS/Custom Concept Industries)

KabarOto.com - Demam modifikasi motor custom akhir-akhir ini melanda hampir seluruh pencinta sepeda motor di Indonesia. Bahkan, Presiden RI, Joko Widodo belum lama ini membeli motor custom ala Chopper berkelir emas buatan Elders Garage.

Namun, masih banyak orang yang berpikiran kalau memodifikasi motor dengan tampilan custom harus mengeluarkan biaya besar. Ternyata anggapan itu tak sepenuhnya benar.

Menurut Ariawan Wijaya, Owner BMS (Baru Motor Sport), memodifikasi motor custom tidak harus mahal dan bisa disesuaikan dengan part yang sudah ada di pasaran.

Untuk lebih detailnya, simak tips modifikasi motor custom dengan biaya murah dari Ariawan Wijaya selaku owner BMS:

Baca Juga: Ini Tips dan Trik Modifikasi Mobil Off-Road

Pertama, pastikan Anda tahu gaya modifikasi apa yang keren untuk motor Anda dan pastikan Anda mempunyai motor yang modifibel agar nantinya tidak harus mengubah banyak dalam proses modifikasi dan pastinya budjet yang Anda keluarkan akan lebih sedikit. Contoh motornya: Kawasaki W175, CB150, Scorpio, Estrella, CBR 150R dan CBR 250R.

Kemudian jika masih bingung soal gaya modifikasi, mintalah saran dari bengkel modifikasi yang kiranya sesuai dengan motor Anda. Contoh gaya modifikasi motor custom: JapStyle, Chopper, Bobber, Scrambler, Hot Rod, Cafe Racer, Brat Style.

Langkah selanjutnya, mintalah sketsa 2D kepada bengkel modikasi yang Anda kunjungi, agar nantinya keinginan Anda dengan hasil modifikasi sesuai setidaknya 95%.

Baca Juga: Insan Motor, Rumah Modifikasi Motor 250cc ke Atas

Terakhir, dan yang paling penting adalah pemilihan parts. Jika Anda tidak ingin keluar duit banyak, ada baiknya Anda meminta parts yang universal atau umum di pasaran.

"Contohnya suspensi motor. Kalau mau berkualitas dan keren pakenya Ohlin, kalau mau yang lebih murah ada YSS atau RCB (Racing Boy). Kalo upside down moge mahal ya pake aja upside down variasi," ujar pria yang juga hobi olahraga tinju tersebut.

"Ada juga part pengereman seperti Brembo yang mahal sekitar Rp3 jutaan. Nah itu bisa diganti dengan produk Kitako yang harganya cuma sekitar Rp400 ribuan," tutup Ari.