Mau Pasang Transmisi Manual Di Toyota Supra Terbaru? Ini Biayanya

Mau Pasang Transmisi Manual di Toyota Supra Terbaru? Ini Biayanya Transmisi manual masih diminati (Toyota)

KabarOto.com - Sobat KabarOto pasti pernah melihat stiker di sebuah mobil, bertuliskan "Real Man Use Three Pedals". Ya, meski saat ini mobil produksi baru mayoritas hadir dengan transmisi otomatis, namun ternyata masih banyak car enthutiast yang menginginkan mobil barunya hadir dengan transmisi manual.

Biasanya, mereka kalangan pecinta kecepatan dan masih menikmati sensasi pergantian gigi ala transmisi manual, yang menjadi ciri khasnya. Kebutuhan itu pula yang dirasakan para pemilik sport car terbaru Toyota, Supra A80.

Sejak awal peluncuran sampai sekarang, belum ada kabar Toyota akan menghadirkan varian bertransmisi manual untuk Supra. Mobil yang berbagi basis dengan BMW Z4 tersebut, sampai sekarang masih tersedia dalam transmisi otomatis 8-speed saja.

Baca Juga: Profil - Toyota GR Supra

Namun tenang, bagi yang tetap menginginkan transmisi manual pada Toyota Supra miliknya, ada penawaran menarik dari European Auto Garage (EAG). Karena, tuner ternama asal Texas ini menawarkan swap (tukar) transmisi untuk Toyota Supra dari otomatis menjadi manual.

Saudara kembar BMW Z4

Seperti dikutip dari CarBuzz, opsi yang ditawarkan oleh EAG menjadi salah satu solusi untuk mewujudkan keinginan pecinta tiga pedal. "Waktu pengerjaan yang dibutuhkan adalah selama 30 – 45 hari," ujar Art Bartosik, sebagai Owner EAG.

Untuk melakukan penukaran transmisi ini, EAG menawarkannya dengan biaya $12.000 atau setara dengan Rp 170 Juta. Harga tersebut sudah termasuk paket onderdil yang dibutuhkan, serta biaya tenaga kerja.

Bartosik pun menjamin, bahwa penggantian tersebut tidak akan menimbulkan masalah, karena part yang digunakan merupakan part asli dari BMW. "Transmisi manual ini akan terpasang sempurna dengan mesin B58 3,0 liter turbocharged inline enam silinder yang menjadi bawaan Supra," jelasnya.

Tuas transmisi manual yang terinspirasi dai GR HV Sport

Menariknya, Bartosik juga menggunakan shifter yang terinspirasi oleh konsep GR HV Sports, yang dilengkapi cover flip-up dengan tombol di bawahnya, untuk menggunakan mode Sport.

Baca Juga: Intip Kecanggihan Mercedes-Benz S600 Guard, Calon Mobil Dinas Baru Jokowi

Satu hal yang menjadi kendala, penggatian transmisi tersebut tentu saja akan membatalkan garansi resmi dari Toyota. Tetapi, Bartosik berencana menawarkan garansi hingga empat tahun / 80.467 km (50.000 mil), untuk semua mobil yang digarap di tempatnya.

Tak hanya penggantian transmisi, EAG juga menyediakan paket aero kit. Seperti atap serat karbon, cover spion, pelek, serta sistem suspensi dan knalpot. Juga akan ada paket peningkatan daya, yang ditawarkan bekerja sama dengan perusahaan tuning BMW ProTuning Freaks.

Hasilnya, Supra bakal memiliki peningkatan tenaga hingga 430 dk, dari tenaga aslinya 335 dk. EAG sendiri dikenal sebagai tuner, yang sanggup memasukkan transmisi manual ke dalam Ferrari F430 dan 430 Scuderia.