POPULAR STORIES

Mau Terapkan Tilang CCTV? Ini Yang Harus Dipersiapkan Pemda

Mau Terapkan Tilang CCTV? Ini yang Harus Dipersiapkan Pemda

Kabaroto.com - Wacana pemerintah daerah menerapkan sistem tilang CCTV disambut baik oleh berbagai kalangan. Namun jika sistem itu ingin diujicoba, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan.

Yannes Martinus, seorang pengamat otomotif, memaparkan jika CCTV yang akan digunakan pastinya sudah harus high resolution dan dipasang pada posisi yang sulit untuk dicuri orang.

"Itu karena kamera high resolution harganya mahal, apakah sudah siap untuk investasi besar seperti yang dilakukan Singapura dan London, misalnya," jelas Martinus.

Selain itu, sistem database antara dinas perhubungan, kepolisian dan dispenda (pajak kendaraan bermotor) apakah sudah terintegrasi? Tentu menurut Yannes belum, karena untuk itu harus ada satu SOP induk yang menjadi platform semuanya. Lalu, sistem database tersebut juga seyogyanya sudah terintegrasi dengan data penduduk (KTP).

"Jika semua database sudah terintegrasi dan well updated, masih ada satu klausul lagi yang harus dibenahi, yaitu regulasi kepemilikan kendaraan bermotor wajib sama dengan nomor SIM & KTP. sehingga, setiap perpindahan alamat, otomatis database-nya juga ter-update," dia menambahkan.