Mau Upgrade Kualitas Audio? Coba Gunakan Power LM-808 Ini

Mau Upgrade Kualitas Audio? Coba Gunakan Power LM-808 Ini Power Amplifier LM-808 (KO/Edo)

KabarOto.com - Biasanya, meningkatkan kualitas audio mobil standar dilakukan dengan cara mengganti speaker standar pabrikan, menambahkan power amplifier, hingga penggunaan subwoofer. Namun cara tersebut selain perlu mengeluarkan biaya yang tak sedikit, juga kadang menyita ruang kabin.

Kini Kramat Motor punya cara yang lebih simple, untuk meningkatkan kualitas audio standar mobil, dengan cukup menggunakan satu power amplifier saja. "Kita ada produk LM-808 DSP (digital sound processor), yang bisa meningkatkan performa suara audio mobil, " ujar Jefri Indra K dari Kramat Motor.

Baca Juga: Lihat Nih, Deretan Foto Mobil Keren Di IMX 2018

Keunggulan LM-808 adalah merupakan power amplifier digital 8 channel dengan 10 ch DSP. Menariknya, suara yang dihasilkan oleh speaker, bisa diatur secara terpisah sesuai kebutuhan baik frekuensinya, maupun dB-nya (desibel) melalui program DSP yang telah disediakan.

Dengan program tersebut, speaker yang terhubung dapat disesuaikan levelnya mulai dari trebel, mid, bass dalam jarak per cm ke tengah.

"Program tersebut juga dapat mendeteksi waktu tunda (delay time) yang tepat dari loudspeaker masing-masing. Ini mengakibatkan semua sinyal audio tiba secara bersamaan di telinga pendengar," terang Jefri.

Tampilannya di layar laptop, frekuensi yang diatur lebar

Selain itu, pengaturan ini juga bisa dilakukan melalui remote control untuk menyesuaikan seluruh settingan sinyal audio, dan untuk memilih pengaturan yang sudah tersimpan. Namun remote control ini dijual terpisah.

Keunggulan lain dari LM-808 adalah memiliki power sebesar 8 x 75 watt dan dapat di-bridge menjadi 4x150 watt. Sehingga menghasilkan suara yang lebih kuat dan bertenaga. "Suaranya kuat, namun tidak pecah," jelas Jefri.

Port bagian belakang

LM-808 juga memiliki fitur tambahan USB-Bluetooth Dongle, yang berguna untuk streaming audio dan koneksi aplikasi melalui perangkat smartphone.

Fitur ini menggunakan alat seperti flash disk yang dijual terpisah. "Sama seperti remote, alat Bluetooh dongle ini kita jual terpisah seharga Rp 800 ribu," tutur Jefri.

Bluetooth dongle

Baca Juga: Gokil! Toyota Trueno Ini Ditawar Rp 1,7 Miliar

Lebih lanjut Jefri menambahkan, kalau LM-808 memiliki pengaturan untuk EQ (equalizer) 31-band per saluran, dan masing-masing bisa disesuaikan secara individual. Sehingga suara yang keluar dari speaker bisa lebih detail, dan jernih.

Dilengkapi kipas pendingin agar tak mudah panas

Mengaturnya bisa lewat aplikasi dari smartphone. Semua perubahan bisa dilakukan dari aplikasi, selanjutnya ditransmisikan ke DSP secara real time dan langsung dapat didengar.

Bicara harga, LM-808 dipasarkan dengan banderol Rp 6 juta. "Sedangkan remote control-nya di harga Rp 800 ribu," ucap Jefri. Produk ini bersifat universal, artinya cocok untuk semua merek dan jenis mobil.

"Bisa untuk mobil Jepang, semisal Mitsubishi Pajero, Honda Brio, hingga mobil Eropa," kata Jefri. Untuk mobil yang memiliki banyak speaker standarnya seperti BMW pun, diklaim cocok menggunakan LM-808.

"Karena memang salurannya telah tersedia, dan awalnya produk ini sepertinya ditujukan untuk mobil Eropa yang speakernya banyak," lanjut Jefri.

Baca Juga: Langkah Mudah Agar Radiator Tetap Dalam Kondisi Prima

Untuk pemasangannya sendiri terbilang mudah dan cepat. "Pemasangannya juga mudah, hanya sekitar 2 jam. Penempatannya pun ringkas, bisa di kolong jok dan sudah dilengkapi dengan braketnya," pungkas Jefri.

Well.. Tertarik?

Kramat Motor: 021-4516532