POPULAR STORIES

Max Verstappen Keluhkan Safety Car F1 Aston Martin: Seperti Kura-Kura

Max Verstappen Keluhkan Safety Car F1 Aston Martin: Seperti Kura-Kura Aston Martin Vantage. Dok : Bernd Maylander

KabarOto.com – Beberapa pembalap mengeluhkan safety car yang digunakan di GP Australia, Minggu (10/4). Pada balapan akhir pekan di Albert Park, tugas safety car diambil alih oleh Aston Martin.

Seperti kita tahu, F1 menggunakan dua model safety car yakni Mercedes AMG GT Black Series dan Aston Martin Vantage. Keduanya dikemudikan oleh satu orang sama yakni Bernd Maylander.

Vantage dibekali mesin sari Mercedes AMG berkonfigurasi V8 M177 4.000 cc twin-turbocharged. Soal output total sekitar 528 dk dan torsi tetap 685 Nm, serta menembus 100 kpj hanya 3,5 detik.

Baca Juga : Hasil F1 Australia 2022: Mercedes-AMG Petronas Mulai Bangkit

Sementara AMG GT Black Series punya mesin lebih bertenaga. Walau sama-sama V8 berkapasitas 4.000 cc biturbo, mesin ini mampu suguhkan tenaga 730 dk dan torsi 800 Nm. Performa tersebut disalurkan ke transmisi AMG SPEEDSHIFT DCT 7 percepatan. Mampu bergegas melaju 0-100 kpj hanya 3,2 detik, dan kecepatan tertinggi 320 kpj.

Hal ini bahkan dikritik oleh Max Verstappen (Red Bull). Max mengatakan mobil tersebut lajunya terlalu lambat sehingga para pembalap tidak bisa punya cukup jarak untuk memanaskan ban.

Baca Juga : Scuderia Ferrari Jauh Memimpin Usai F1 Australia 2022

“Cengkeramannya sangat kecil dan juga safety car melaju sangat lambat, seperti kura-kura. Untuk mengemudi 140 kpj di belakang, tidak ada mobil rusak, jadi saya tidak mengerti mengapa kami harus mengemudi begitu lambat. Yang pasti safety car Mercedes lebih cepat karena aero ekstra, Aston Martin ini sangat lambat. Kami butuh grip lebih, karena ban kami sangat dingin. Cukup mengerikan cara kita mengemudi di belakang safety car saat ini,” papar Max.

Keluhan lain juga datang dari peraih podium Charles Leclerc (Scuderia Ferrari) dan George Russell (Mercedes). “Yang pasti dengan mobil yang kami miliki sekarang sangat sulit menjaga suhu di ban belakang safety car,” ujar Leclerc.

Russell menyindir bahwa mobil Mercedes AMG jauh lebih cepat dibanding Aston Martin. “Kami tidak memiliki masalah dengan mobil keselamatan Mercedes-AMG! Pada catatan serius, Mercedes-AMG seperti lima detik, jauh lebih cepat, daripada safety car Aston Martin, yang cukup besar,” lanjutnya.