POPULAR STORIES

Maxindo Renault Siapkan 3 Langkah Jitu Untuk Bersaing Di Indonesia

Maxindo Renault Siapkan 3 Langkah Jitu Untuk Bersaing di Indonesia Maxindo Renault Indonesia (Deni/KO)

KabarOto.com - Untuk dapat bersaing di ranah otomotif Tanah Air, PT Maxindo Renault Indonesia (MRI) selaku agen pemegang merek (APM) baru Renault di Indonesia menyiapkan sederet strategi jitu untuk memperkuat lini bisnis mereka.

Sebagai langkah awalnya, adalah dengan melakukan ekspansi secara agresif dengan memperluas jaringan dealer mereka, hingga mengedukasi pola pikir (mindset) mengenai produk Eropa, khususnya merek Renault.

"Kunci sukses Renault untuk dapat sukses di Indonesia adalah dengan agresif mindset kepada masyarakat. Kami pun menyiapkan tiga langkah yang nantinya menjadi strategi Maxindo Renault Indonesia untuk dapat lebih agresif pasar otomotif Indonesia," kata COO PT Maxindo Renault Indonesia, Davy J Tuilan saat ditemui KabarOto di Jakarta, Senin (21/1/2019).

Baca juga: Buka Lembaran Baru, Maxindo Bakal Distribusikan Renault Di Indonesia

Pertama, tambah Davy melalui produk, pihaknya berencana bakal menyiapkan sejumlah jajaran produk terbaru untuk pasar Indonesia. "Saat ini Renault baru bermain di tiga segmen, dan itu jika dijumlah hanya 20 persen dari total industri otomotif di Indonesia. Untuk itu kami akan menambah portofolio produk Renault," ujarnya.

Davy mengaku bahwa MRI bakal bermain di tujuh segmen, salah satunya adalah segmen yang memiliki market yang sangat luar biasa yaitu MPV. Sehingga Renault dapat bermain di setengah dari total industri otomotif di Indonesia.

Kedua, Davy pun memamparkan, ekspansi Renault sendiri melalui perluasan jaringan di Indonesia. "Kita lihat di tahun 2009 itu outlet hanya 1.800 di Indonesia. Perkembangan pesat di Indonesia pun mendorong para pabrikan untuk memperluas jaringan outlet, dan saat ini tumbuh pesat hingga 30 persen menjadi 2.350 outlet.

Renault Twizy
Renault Twizy (Deni/KO)

Ia pun mengatakan, "Sepuluh tahun lalu pasar otomotif di Indonesia hanya ada 20 model, dan sekarang sudah mencapai 40 model. Dari situ kita melihat bahwa pasar otomotif di Indonesia sangat dinamis, dan memiliki peluang yang baik, dan kami yakin bisa memiliki peluang besar. Kita akan mengcover 90 persen seluruh pasar Indonesia," yakin Davy.

Baca juga: Renault Jalin Kemitraan Dengan Tim Raksasa Asal Prancis

Selain itu, sebagai momentum awal sebagai pemegang merek Renault di Indonesia per tanggal 24 Februari 2019 mendatang. MRI bakal merilis tiga outlet baru di Indonesia.

Langkah ketiga yang bakal dilakukan MRI di Indonesia adalah melalui layanan Consumer Journey. Di mana melalui layanan tersebut, konsumen dapat melakukan layanan penjualan mobil Renault via aplikasi. Dengan begitu, konsumen dapat melakukan pembelian maupun penjualan mobil Renault melalui sebuah aplikasi.

Nantinya konsumen yang ingin membeli mobil Renault dapat melakukan pengecekan via aplikasi dan pembayaran produk pun dapat dilihat secara update melalui aplikasi. Dengan begitu konsumen dinilai dapat bertransaksi secara aman.

"Beberapa strategi kami siapkan untuk consumer journey, dan itu baru 9 persen. Saat ini kita ngga bisa jelaskan secara seluruhnya. Jadi kedepannya untuk sale dan after sales bisa melalui apps," papar Davy.