POPULAR STORIES

Mazda CX-60 PHEV, Hadirkan Warisan Budaya Jepang

Mazda CX-60 PHEV, Hadirkan Warisan Budaya Jepang

KabarOto.com - Era elektrifikasi diawali oleh Mazda di Eropa dengan memperkenalkan all-new Mazda CX-60 PHEV. Merupakan teknologi dari Mazda di kelas Sport Utility Vehicle (SUV) dengan tetap mempertahankan warisan budaya Jepang.

Adapun all-new Mazda CX-60 PHEV diklaim sebagai flagship dari brand asal Hiroshima, dibuka dari harga £43.950 atau setara Rp 828 jutaan. Oh iya, ditawarkan tiga trim yakni Exclusive-Line, Homura and Takumi.

Baca juga: New Mazda CX-50 Dibanderol Mulai Rp384 Jutaan



Seperti diungkapkan di awal bahwa CX-60 PHEV membawa teknologi perdana plug-in hybrid. Yup, merupakan kombinasi Skyactiv-G 4 silinder berkapasitas 2.500 cc dengan motor listrik berkekuatan 100 kW atau setara 134 dk bersumber dari baterai 17,8 kWh.

Mazda memastikan performa kombinasi mesin dan motor listrik hadirkan 322 dk dan tendangan torsi mencapai 500 Nm. Mazda CX-60 e-Skyactiv PHEV menyajikan kombinasi bahan bakarnya 62,7 kpl. Akselerasinya juga terbilang mantap, yakni 0-100 kpj bisa bubuhkan waktu 5,8 detik.



Membicarakan detail CX-60 Exclusive-Line sebagai yang termurah, ada tiga tawaran paket yang bisa dipilih konsumen, agar tak terlihat standar di jalan raya. Comfort Pack hanya ditawarkan untuk Exclusive-Line dengan harga £1.400 setara Rp 26,3 juta. Diberi pelek 20 inci, jok depan elektrik dan berventilasi, jok belakang berpemanas dan ada Mazda Driver Personalisation System. Pilihan warnanya juga memikat, Rhodium White premium metallic.

Sedangkan untuk CX-60 Homura harganya £46.700 atau setara Rp 880 jutaan ada tambahan molding di fender dan gril berwarna gelap, termasuk spion diberi kelir hitam dan desain gril kerangka sarang tawon. Pelek 20 inci memberikan daya tarik. Kabin Homura ada sentuhan lembut di berbagai tempat, jok pemanas hingga penumpang belakang, dan lampu temaram berikan nuansa romantis.



Homura ini ditambahkan fitur Mazda Driver Personalisation System, gunakan kamera yang memindai wajah pengendara. Secara otomatis komposisi jok akan menyesuai setelan indvidunya, sudut lingkar kemudi, spion, head-up display, termasuk suara hingga setelan kesejukan kabin. Bila masih belum puas, ada tambahan paket lagi yang bisa ditebus yakni Convenience Pack and Driver Assistance Pack.

Pilihan trim paling puncak adalah Mazda CX-60 Takumi, harga ditetapkan £48.050 atau setara Rp 905,9 juta. Pelek alloy 20 inci diberi kelir hitam, spion sewarna bodi, bilah gril dibubuhkan chrome dan juga di tepian jendela. Gril tengah pelindung radiator dibalur hitam.



Fitur tambahan Convenience Pack and Driver Assistance Pack. Bisa ditebus £1.000, setara Rp 18,8 juta untuk Convenience Pack berupa privacy glass, monitor 360 derajat dan wireless phone charging. Adapun untuk Driver Assistance Pack banyak teknologi keselamatan aktif harganya £1.100, setara Rp 20,7 juta.

Membawa warisan budaya Jepang, di terjemahkan di kabin Mazda CX-60 Takumi berupa kayu maple dengan estetika seni Hacho - asymmetrical balance atau intentional unevenness. Bahan fabric ada patern berbeda dan benangnya bisa berganti warna bila terkena cahaya. Model jahitan yang disebut 'Kakenui' menyajikan tampilan seperti tergantung dan ada jarak di bahan sambungan.



All New CX-60 ini memadukan kenyamanan dan dan ruang untuk penumpang, tak ketinggalan muat barang alias ruang bagasi mencapai 570 liter.

Baca juga: Mazda3 Bertenaga 1.200 Dk akan Terlahir Tahun Depan

Pergerakan lincah CX-60 PHEV didukung oleh transmisi delapan percepatan didukung sistem penggerak roda khusus Mazda’s i-Activ All-Wheel Drive. Karakter laju mobil juga bisa dipilih, melalui Mazda Intelligent Drive Select (Mi-Drive). Mode: Narmal, Sport, Off-Road, Towing, dan EV. Pilihan terakhir ini memungkinkan CX-60 PHEV melaju senyap tanpa emisi gas buang.



Bagi konsumen yang ingin mesin lebih beda, patut bersabar. Sebab akan menyusul mesin bensin enam silinder 3.000 cc e-Skyactiv X dan mesin diesel Skyactiv-D berkapasitas 3.300 cc. Berfitur M Hybrid Boost - Mazda 48V mild hybrid - kombinasikan performa kuat dan konsumsi bahan bakar efisien dan rendah emisi.