Mazda Optimalkan Mesin E-Skyactiv X

Mazda Optimalkan Mesin e-Skyactiv X

KabarOto.com - Mazda CX-30 dan Mazda3 sudah disiapkan mesin anyar untuk semakin berkibar di kelasnya. Mengusung nama e-Skyactiv X, merupakan penyempurnaan dari mesin bensin Skyactiv-X SPCCI (Spark Controlled Compression Ignition).

Diyakini e-Skyactiv X ini berdampak ke efisiensi bahan bakar, bahkan sekaligus memberikan tendangan performa tambahan. Adapun e-Skyactiv X ini terpasang di mesin 1.998 cc yang kini suguhkan tenaga 183,4 dk pada 6.000 rpm dan torsinya 240 Nm pada 4.000 rpm.

Baca juga: Mazda Hidupkan Lagi Mesin Rotary



Yup, berbanding mesin sebelumnya, berkat penyempurnaan e-Skyactiv X ini ada kenaikan 6 dk dan torsinya 16 Nm. Lonjakan torsi sudah terasa di putaran mesin 2.000 rpm dan merata di berbagai kecepatan mesin.

Emisi gas buang juga turun 5 hingga 11 g/km. Mazda memastikan sudah mengadopsi three-way-catalyst dan Gasoline Particulate Filter (GPF). Wajar bila standar emisi memenuhi Euro 6.



Kompresi mesin yang sebelumnya di angka 16,3:1 kini menjadi 15:1, mengoptimalkan pembakaran, memodifikasi piston dan update sistem peranti lunak Mazda M Hybrid mild-hybrid.

Bukaan katup masuk telah di modifikasi mengimbangi camshaft. Ini membuat mengurangi kehilangan tekanan dan juga menjaga rasio panas mesin.

Baca juga: Asyik, Komponen Mazda RX-7 Kembali Produksi

Konsumsi bahan bakar ada tambahan bisa melaju 1 km lebih jauh perliternya, bisa torehkan konsumsi bahan bakar terbaik 20 kpl. Oh iya, kualitas bahan bakarnya harus pakai RON 95.

Berita Terkait

Berita Terkait