Mazda RX-7 Bertenaga 815 Dk, Sangar Sob!

Mazda RX-7 Bertenaga 815 dk, Sangar Sob!

KabarOto.com - Mazda Rx-7, adalah salah satu mobil ikonik dari mobil Japan Domestic Market (JDM). Mulai dari bentuknya yang sporty, hingga mesinnya yang unik. Membuat mobil ini masih memiliki banyak peminat, seperti Mazda RX-7 asal Puerto Rico ini.

Mobil lansiran 1993 ini dimodifikasi dan dituning secara maksimal. Secara tampilan eksterior, cukup banyak perubahan pada mobil ini, mengusung modifikasi khas JDM. Bagian bumper menggunakan berbagai perangkat aerodinamis, seperti misalnya splitter di bagian bawah bumper serta canard di bagian pinggirnya.

Baca juga: New Mazda CX-8 Sudah Resmi Dijual Di Indonesia

Bagian intercooler untuk turbonya juga dibuat menyembul. Bagian kap menggunakan bahan serat karbon, dengan aksen-aksen lubang udara yang berfungsi sebagai pendingin mesin. Bagian lampu juga masih menggunakan khas RX-7 dengan lampu pop up.

Dengan kehadiran saluran udara, serta side skirt pada bagian samping Mazda RX-7 ini. Aura JDM semakin kuat dengan penggunaan pelek Work VS-XX berwarna khas emas dan krom pada bagian pinggirannya. Berukuran ring 19 dengan lebar 9,5 inci bagian depan, dibalut ban Falken FK510 berukuran 235/35 R19. Serta bagian belakang dengan lebar 10,5 inci yang dibalut ban berukuran lebih lebar, yakni 255/30 R19.

Untuk menambah atau meningkatkan kualitas aerodinamik, bagian buritan dilengkapi dengan spoiler berukuran besar terbuat dari bahan serat karbon. Termasuk diffuser yang juga menggunakan model besar.

Interior lengket dengan aura balap, setir lansiran Momo, jok model bucket lansiran Bride, sabuk pengaman 5 titik Takata, plus roll bar yang berfungsi sebagai pengaman ruang kabin juga untuk menunjang kesan balap.

Bagian yang paling spesial dari mobil ini adalah bagian mesinnya. Menggendong mesin legendaris model rotary khas RX-7. Ternyata di Puerto rico ini mesin rotor memiliki pasarnya sendiri, seperti yang dilansir dari Super Street.

Hal ini akan terdengar mengejutkan, hasil tuning dari mesin rotary yang paling kuat di dunia. Bukan berasal dari Jepang, atau bahkan Amerika Serikat. Tetapi dari pulau kecil Puerto Rico.

Baca juga: Ini Harga 2 Tipe New Mazda CX-8 Versi Indonesia

Maka, tidak heran bagi Mazda RX-7 dapat meletupkan tenaga sebesar 815 dk, dan torsi sebesar 681 Nm. Kenaikan tenaga yang cukup signifikan. Jika dibandingkan dengan varian standarnya, yang menghasilkan tenaga maksimal 275 dk.

Penggunaan turbo lansiran Garret GT42RS, sistem pembuangan HKS, dan penggunaan berbagai komponen performa tinggi menjadi penyumbang mesin ini menjadi lebih beringas. Transmisinya masih mengandalkan model manual dengan 5 percepatan, transmisi ini produk Zenki.

Mobil ini juga tidak dimodifikasi dengan main-main, semua barang yang menempel di mobil ini, adalah barang-barang orisinal. Jadi semakin terasa aura JDM nya, meskipun mobil ini sudah sangat jauh dari tempat asalnya.

Wah, memang tidak ada matinya Mazda RX-7 ini ya. (Gregorius Nikolaus.P)