POPULAR STORIES

Mazda Tak Tergoda 'Main' Mesin Turbo Di Indonesia

Mazda Tak Tergoda 'Main' Mesin Turbo di Indonesia All New Mazda3 (Deni/KO)

KabarOto.com - Penggunaan teknologi mesin turbocharger di Indonesia, tampaknya semakin meningkat. Hal itu terlihat dari kehadiran sejumlah produk baru yang kini telah menyandang mesin turbo. Biasanya mesin-mesin itu memiliki kapasitas mesin yang tidaklah terlalu besar, seperti mesin 1.500 cc.

Melihat tren itu, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Mazda di Indonesia, tampaknya belum tergoda untuk membawa line-up produk yang mengusung mesin turbo ke Tanah Air.

Baca juga: Cek Perbedaan All New Mazda3 Sedan Dan Hatchback

Seperti diungkapkan Kenny Wala, Product Planner PT EMI, kalau dari kami (Mazda) melihat belum ada kebutuhan untuk penggunaan turbo di sejumlah produk untuk Indonesia.

"Saat ini, kalau untuk di bawah Mazda CX-9 kita belum ada. Baru di Mazda CX-9 pakai turbo, karena bodi mobil tersebutkan gede sehingga cocok untuk menggunakan turbo," beber Kenny saat berbincang dengan KabarOto di Bogor, Jawa Barat, Kamis (11/7/2019).

Mesin All New Mazda3

Menurut Kenny, penggunaan mesin turbo di Indonesia, lebih kepada produk-produk mereka (kompetitor) yang memiliki kapasitas mesin yang kecil. "Kalau kami benar-benar mesin gede dilengkapi turbo itu baru cocok. Untuk saat ini kami masih fokus kepada mesin NA (naturally aspirated) untuk produk-produk kami," imbuhnya.

Kenny pun menegaskan bahwa umumnya produk-produk lain di Indonesia itu menggunakan metode downsizing. Dari sebelumnya menggunakan mesin dengan kubikasi 2.400 cc dibuat lebih kecil menjadi 1.500 cc, untuk memaksimalkan kinerja mesin akhirnya menggunakan turbocharger.

Baca juga: All New Mazda3 Untuk Indonesia Dipastikan Tidak Terdampak Recall

"Kalau dari kami (Mazda) yakin teknologi mesin SkyActiv Mazda, masih cukup mumpuni. Baik untuk urusan performa maupun efisiensinya. Jadi memang kami belum berniat melengkapi line-up produk dengan teknologi turbo," tutup Kenny.

POPULAR STORIES

HOT