Mazda3 Diganjar Bintang 5 Oleh Euro NCAP

Mazda3 Diganjar Bintang 5 Oleh Euro NCAP Sumber : Euro NCAP

KabarOto.com – Kabar baik bagi Sobat KabarOto yang sudah membeli Mazda3 terbaru, karena mobil tersebut mendapatkan bintang 5 yang diberikan oleh Euro NCAP. Nilai tersebut diberikan setelah melakukan berbagai pengetesan.

Yang pertama kali dilakukan seperti biasanya, uji tabrak depan pada sisi pengemudi dengan kecepatan 64 kpj, hasil juga sangat baik. Kedua airbag sisi penumpang depan, serta airbag samping area hancur berhasil terbuka penuh. Sementara penumpang belakang juga terjaga aman karena fitur kursi ISOFIX dan lengkap seatbelt 3 titik.

Masih dari area depan, kali ini pengetesan yang dilakukan bagian depan kecepatan 50 kpj. Hasilnya juga memuaskan, airbag sisi pengemudi berhasil terbuka. Namun memang untuk sisi samping tidak terbuka karena sensor membaca area tabrak terpusat di depan seluruhnya.

Baca Juga : BMW Z4 Mendapat Nilai Bintang 5 Euro NCAP

Pengetesan berlanjut ke sisi samping, disini disimulasikan jika ada kendaraan lain menabrak sisi samping mobil dengan kecepatan 50 kpj. Airbag sisi samping bekerja dengan sempurna, dan menariknya bodi Mazda3 ini tidak rusak begitu parah, hanya cover spion saja yang terlepas.

Bagian paling mengerikan mungkin saat pengetesan Side Pole Test, karena disini digambarkan ketika mobil menghantam seperti tiang listrik, pohon, dan sebagainya. Karena walau hanya dengan kecepatan 32 kpj, kerusakan ditimbulkan cukup parah. Namun cedera bisa teredam dengan bekerjanya airbag sisi samping, sehingga melindungi penumpang dari pecahan kaca.

Baca Juga : EMI Rilis Harga All New Mazda3 Dengan Banderol Mulai Rp489,8 Juta

Setelah itu, fitur keselamatan juga tidak lupa dites loh. Karena Mazda3 ini sudah memiliki sistem seperti ABS, EBD, Traction Control System (TCS), Dynamic Stability Control (DSC) Blind Spot Monitoring (BSM), Lane Departure Warning, Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Smart City Brake Support (SCBS F), dan sebagainya.

Pengetesan yang dilakukan juga menggambarkan situasi saat ada orang tiba-tiba menyeberang, lalu rem mendadak ketika kendaraan depan berhenti, dan lainnya. Semua sistem ini dilakukan pada kecepatan 35-60 kpj. Hasil dari semua tes tersebut menghasilkan nilai 98% untuk penumpang dewas, penumpang anak-anak 87%, lalu termasuk aman untuk pengguna jalan lain 81%, dan fitur-fitur keselamatan mendapat 73%.

Nah bagi yang ingin membeli Mazda3 tapi masih memikirkan fitur keselamatan, engga usah khawatir lagi deh. Tinggal pilih saja selera yang sedan atau hatchback, keduanya memiliki mesin sama kok sob dibekali mesin bensin SKYACTIV-G 2.0 bertenaga 153 dk dan torsi maksimum 200 Nm. Dengan transmisi otomatis 6-speed SKYACTIV DRIVE. Jika di Indonesia mobil ini dibanderol Rp 538,8 juta untuk sedan, sementara All-New Mazda3 hatchback berbanderol Rp 489,8 juta.

Namun jangan terlalu mengandalkan fitur keselamatan ini ya Sob, karena keselamatan di jalan tergantung kita si pengendara.