BMW Z4 Mendapat Nilai Bintang 5 Euro NCAP

BMW Z4 Mendapat Nilai Bintang 5 Euro NCAP

KabarOto.com – Menurut BMW, Z4 bukan sebuah mobil dibutuhkan, melainkan mobil diinginkan. Ciri khas sporty dan elegan sudah melekat mendarah daging pada sosok tersebut. Bahkan pada generasi ternyarnya, juga berbagi platform dengan Toyota Supra.

Nah berbicara soal BMW Z4 ada kabar baik nih, sebab bagi pada pemiliknya tenang deh naik mobil ini, sudah terverifikasi aman oleh Euro NCAP. Terdapat 3 model Z4 yang dites tabrak yakni Z4 sDrive20i, sDrive30i, dan sM40i.

Pengetesan dilakukan meliputi seluruh sistem keamanan Z4, hasil memuaskan juga diraih dengan nilai untuk keselamatan penumpang dewasa 37,2 pts atau 97%, keselamatan penumpang anak-anak 43 pts atau 87%, dan 10 pts atau 76% fitur keselamatan.

Baca Juga : Profil BMW Z4 SDrive30i M Sport

Pertama-tama dilakukan tes tabrak untuk sebagian depan sisi pengemudi kecepatan 64 kpj, kedua airbag terbuka sempurna demi melindungi kepala dari benturan dengan panel interior dan pecahan kaca. Lalu ada juga bagian full depan, hasilnya cukup mengejutkan, walau rusak parah namun kerusakan tidak sampai berdampak ke bagian tengah mobil. Bahkan spion biasanya patah karena guncangan masih kokoh terpasang ditempatnya.

Berlanjut uji tabrak sisi samping mobil dengan kecepatan 50 kpj, sama seperti depannya airbag samping berfungsi sempurna melindungi dari benturan dan pecahan kaca. Untuk bagian ini ada 2 kali tes, tes kedua dilakukan menggunakan tian berkecepatan 32 kpj,hasilnya cukup parah namun fitur airbag samping dan juga side impact protection bekerja sempurna.

Baca Juga : Mengulas Sekilas Sejarah BMW Motorsports

Tidak hanya bagian tabrak saja, namun kinerja pengereman dan teknologi keamanan turut diuji, hal ini memberikan gambaran kemungkinan kecelakaan terjadi di jalan raya asli. Misalnya saja orang menyebrang, naik sepeda, ataupun mobil lain, sistem seperti rem ABS, EBD, Line Departure Warning serta sensor-sensor semua mendapat giliran bekerja, pengujian ini dilakukan pada kecepatan antara 50 hingga 75 kpj.

Semua dites dan hampir semua dilewati dengan mulus, hanya tercatat 1 kali tabrakan saat kejadian orang tiba-tiba menyebrang dikecepatan 60 kpj, dimana sistem turut mengurangi hingga 25 kpj. Fitur Line Departure Warning juga terbukti berfungsi baik pada mobil ini.

Jadi bagi para pemilik atau calon pemilik Z4, enggak usah khawatir lagi deh soal safety mobil ini. Namun walau terbukti aman, harus tetap berhati-hati yah sob, sebab kita tidak bisa mengandalkan sepenuhnya pada teknologi.