POPULAR STORIES

McLaren 720S LeMans Edition Hanya 50 Unit, Ini Alasannya!

McLaren 720S LeMans Edition hanya 50 unit, Ini Alasannya! McLaren 720S Le Mans Edition (McLaren)

KabarOto.com - McLaren Special Operations (MSO) kembali menampilkan kreasi terbarunya. Kali ini divisi personalisasi McLaren tersebut, membuat mobil spesial yang dikembangkan dari model 720S.

Rencananya, MSO akan merilis McLaren 720S LeMans Edition. McLaren mengatakan, 720 S edisi khusus ini dbuat untuk merayakan pencapaian terbesar pabrikan asal Inggris tersebut di dunia motorsport dalam dua dekade terakhir, khususnya balapan Le Mans yang dimenangkannya pada 18 Juni 1995.

Baca Juga: Cara Mudah Membersihkan Logo Atau Emblem Kendaraan

Mclaren F1 GTR dengan nomor 59 jelang lintasi garis finis

Mobil yang menang adalah Mclaren F1 GTR dengan nomor 59 yang dikemudikan oleh JJ Lehto, Yannick Dalmas dan Masanori Sekiya. Dalam rangka memperingati kemenangan itu, 720 S mendapat plakat "McLaren 25 Anniversary Le Mans.

Hanya tersedua dua pilihan warna

Menariknya, nomer VIN dari setiap mobil edisi khusus akan dimulai dari angka 298, untuk mengingatkan pada jumlah putaran (lap) yang diselesaikan oleh F1 GTR #59 yang menang di perlombaan tersebut.

Buritan didesain khusus agar aliran udara lebih baik, termasuk pendinginan mesin

Sebagai pembeda dengan versi 720 S standar, MSO menyematkan air scoop berukuran besar di bagian belakang atap. Komponen ini dibuat untuk meningkatkan kemampuan pendingin mesin, serta lebih cepat mengeluarkan panas.

Aerodinamika dibuat lebih sempurna membelah udara

Selanjutnya, MSO juga membekali supercar istimewa itu dengan fender depan berlapis serat karbon. Selain untuk meningkatkan aerodinamika, fender itu juga sekaligus mampu mengurangi bobot kendaraan.

Warna kabin disesuaikan dengan eksterior, tapi bisa dibedakan sesuai keinginan konsumen

Menyempurnakan penampilan, 720S Le Mans Edition pelek LM five spoke berukuran besar. Asyiknya lagi, calon pembeli juga dapat memilih beragam komponen lain berbahan serat karbon, untuk eksterior maupun interior termasuk jok balap.

Performa adalah salah satu hal yang ditonjolkan pada tiap produk McLaren, termasuk model edisi khusus ini. Sebagai sumber tenaga, McLaren memasang mesin V8 twin-turbo M840T 4.000 cc, yang pada dasarnya merupakan versi evolusi dari mesin V8 M838T 3.800 cc.

Mesin berkapasitas besar itu, mampu menghasilkan tenaga hingga 720 dk pada 7.500 rpm dan torsi 770 Nm pada 5.500 rpm. Semua tenaga itu, lantas dikirim ke roda belakang melalui transmisi SSG tujuh percepatan.

Hasilnya, 720 S Le Mans Edition mampu melakukan sprint dari posisi diam hingga 100 kpj, hanya dalam waktu 2,9 detik. Sedangkan 0 hingga 200 kpj dapat diraih dalam 7,8 detik.

Baca Juga: MSO Tampilkan Dua Tema Ubahan Keren Pada Mclaren 720S

Menariknya, jarak 400 meter dapat dilahap dalam waktu 10,3 detik. Bila pengemudi masih memiliki nyali lebih untuk menginjak pedal gas lebih dalam, supercar itu sanggup menembus kecepatan tertinggi di angka 341 kpj.

Di Inggris, McLaren 720S Le Mans akan resmi dijual, dengan harga mulai dari £ 254.500 atau senilai Rp 4.4 miliar, dengan gelombang pertama pengiriman dijadwalkan pada bulan September 2020. McLaren pun hanya akan membuat supercar itu, sebanyak 50 unit untuk seluruh dunia.