McLaren Artura, Coba Jadi Yang Tak Tertandingi

McLaren Artura, Coba Jadi yang Tak Tertandingi

KabarOto.com - Era baru hypercar coba diterjemahkan melalui McLaren Artura. Merupakan penggabungan dari McLaren Carbon Fibre Lightweight Architecture (MCLA) dengan High-Performance Hybrid.

Manufaktur asa Woking, Inggris, ini memastikan bahwa McLaren Artura mengejar bobot paling ringan di kelasnya, efisiensi aerodinamika yang lebih canggih tapi tetap hadirkan desain dan lekukan menawan.



Bobot kering McLaren Artura hanya 1.395 kg (total bobot 1.498 kg), diyakini rasio tenaga-bobot 481 dk per ton. Menjadi yang terkuat di kelasnya. Adapun performanya di atas kertas 670 dk dan torsinya 720 Nm.

Total komobinasi performa didapat dari mesin bakar berkode M630, V6 bersudut 120 derajat. Kapasitas 2.993 cc disokong oleh turbo ganda dan dipadu oleh E-motor serta energy-dense battery pack.

Oh iya, mesinnya sendiri kerahkan 577 dk dan torsi 585 Nm. Sedangkan E-motor tenaga hanya 94 dk dan torsi instan 225 Nm.

Akselerasi 0-100 kpj hanya perlukan waktu 3 detik dan tembus ke 200 kpj tunggu waktu 8,3 detik. Sementara 0-300 kpj di angka 21,5 detik. Laju di atas aspal dibatasi demi keselamatan, hanya 330 kpj.


Kemampuan baterai 7,4 kWh mampu menyuguhkan jarak tempuh 30 km. Pengisian 80% butuhkan waktu 2,5 jam dengan standar kabel EVSE.



McLaren mengabarkan bahwa ada kecanggihan suspensi belakang disematkan di Artura yakni E-differential. Mampu menyuguhkan pengalaman berkendara lebih mantap. kendali setir electro-hydraulic dan Procative Damping Control.

Teknologi ban juga dikembangkan bersama oleh ban asal Italia, Pirelli & C. S.p.A., yakni Pirelli P Zero Corsa dengan Pirelli Cyber Tyre. Diklaim cengkeramannya lebih mantap berbanding P Zero Trofeo R yang dipakai di McLaren 600LT.

Di ruang kokpit, McLaren mengatakan bahwa sangat revolutioner. Semua fungsi terfokus ke pengendara, sehingga saat mengendarai Artura benar-benar merasakan maksimal fitur yang disematkan.

Baca juga: McLaren Sabre Telah Melakukan Debutnya

Layar infotainment 8 inci memberikan berbagai data dan setelan tentang kendaraan. Memanjakan telinga disuguhi tatanan audio Bowers & Wilkins berteknologi QuantumLogic Surround. Nah, lingkar kemudi benar-benar bersih dari berbagai tombol, kecuali klakson.



Performance, TechLux, dan Vision merupakan pilihan trim bagi konsumen yang ingin punya perbedaan selera. Tapi bisa juga komunikasikan dengan McLaren Technology Centre (MTC) agar setiap detailnya berbeda dengan pengguna lainnya.