POPULAR STORIES

McLaren MCL36 Hadir Sebagai Senjata Baru Musim 2022

McLaren MCL36 Hadir Sebagai Senjata Baru Musim 2022

KabarOto.com – McLaren telah merilis mobil terbaru untuk hadapi musim Formula 1 2022 dengan regulasi baru. Susunan pembalap masih mempertahankan duet Lando Norris dan Daniel Ricciardo.

Musim lalu McLaren mampu tampil cukup kompetitif, saling mengejar poin dengan Scuderia Ferrari. Walau di beberapa seri terakhir performa McLaren sedikit menurun, membuatnya hanya mampu berada diurutan empat klasemen konstruktor dengan 275 poin.

Baca juga: Lando Norris Perpanjang Kontrak Hingga 2025

“Selama setahun terakhir, tim telah bekerja keras mengembangkan MCL36, berusaha memanfaatkan setiap peluang yang mungkin kami temukan dalam desain dan produksi mobil baru ini,” kata Kepala Tim Andreas Seidl.

MCL36 tampul dengan livery berbeda ketimbang musim lalu yang digunakan MCL35M. Dengan warna aesikit berbeda, oranye sebagai warna kebesaran McLaren terlihat lebih kalem, serta lebih banyak aksen hitam.

Lalu aksen stripping biru tua sekarang diganti jadi lebih muda, menghiasi hampir di beberapa bagian seperti sayap belakang, samping, sepanjang dari hidung ke belakang, serta cover roda. Serta tentunya terdapat logo sponsor paling utama ialah Velo, lalu ada Tezos, Richard-Mille, DeWalt, dan masih banyak lagi.

“Tahun lalu adalah yang terbaik di Formula 1 sejauh ini, dan saya sangat bangga dengan apa yang saya capai sebagai pembalap, dan tim. Tetapi saya tahu bahwa yang terbaik belum datang, dan tujuan saya adalah membawa momentum positif yang kami bangun selama setahun terakhir dan membawanya bersama saya ke era baru Formula 1 yang menarik ini,” papar Lando Norris.

Baca juga: Aston Martin Aramco Cognizant AMR22 Resmi Meluncur

Sementara Daniel Ricciardo menambahkan, tahun keduanya bersama McLaren terasa luar biasa dan ia merasa belajar banyak sebagai sebuah tim pada tahun 2021.

“Pengalaman ini akan membantu kami menghadapi tantangan baru musim 2022,” tutup Daniel Ricciardo.

Dengan desain barunya ini, MCL 36 memberikan beberapa evolusi desain untuk membuat aerodinamika mobilnya lebih baik. Seperti posisi pushrod suspensi, Berdasarkan peraturan sebelumnya, penempatan diffuser membuatnya menguntungkan untuk menempatkan rocker di bawah untuk memaksimalkan aliran udara melalui lantai.

Sementara bagian side-pods yang menggemuk dengan bagian belakang yang ramping mirip pada mobil Haas. Bagian belakang dibuat langsing, karena posisi radiator di samping dengan jalur angin atau pendingin yang langsung menuju bagian buritan untuk menekan gaya downforce.

Aliran udara bagian samping bawah juga dilakukan peningkatan, kini memili jalur yang lebih besar untuk memperkaya jalur aliran untuk menambah gaya tekan downforce. Tentunya semua ubahan tadi tanpa melanggar regulasi 2022, masih ada beberapa bagian belum diperlihatkan demi alasan rahasia.

Kita lihat saja sepak terjang McLaren MCL36 musim ini.