McLaren Speedtail Dinobatkan Sebagai Yang Terkencang Di Keluarga

McLaren Speedtail Dinobatkan Sebagai yang Terkencang di Keluarga

KabarOto.com - McLaren Speedtail merupakan prototipe supercar yang diluncurkan pada Oktober 2018. Nah beberapa waktu lalu, McLaren ternyata melakukan tes untuk menentukan kecepatan maksimal mobil ini, hal tersebut menjadi salah satu program pengembangan demi mengetahui potensinya.

Pengetesan dilakukan di landasan pacu Johnny Bohmer Proving Ground di Kennedy Space Center, Florida. Hasilnya, mobil yang punya nama lain XP2 ini mampu menembus angka 403 kpj setelah 30 kali lebih mencoba. Adapun hasil tersebut memecahkan rekor 386,4 kpj sebelumnya dipegang oleh McLaren F1.

Baca Juga : Gokil Bugatti Chiron Tembus 490 Kpj

Namun sebenarnya kalau dilihat beberapa waktu belakangan, sudah ada 2 hypercar lainnya yang juga pernah menembus angka 400 kpj, contohnya saja Koenigsegg Regera membubuhkan angka 400 kpj dalam 31,49 detik. Serta Bugatti menggunakan Chiron tembus 41 detik untuk raih kecepatan maksimal 490 kpj.

Kabarnya Speedtail menggunakan mesin M840T dari 720S namun mengalami beberapa modifikasi, agar kapasitas mencapai 4.000 cc lengkap sokongan twin-turbo berkonfigurasi V8. Tidak sampai di sana, ada tambahan motor listrik juga di dalamnya alias eMotor. Sehingga total performa sistem pararel hybrid dapat menyajikan 1.050 dk dan torsi maksimal 1150 Nm.

Baca Juga : Koenigsegg Regera Pecahkan Rekor Dunia

Performanya, pastinya gokil banget! Walau tidak dirilis secara resmi berapa akselerasi 0-100 kpj, tapi untuk menyentuh angka 300 kpj dari posisi diam, Speedtail Cuma butuh 12,8 detik saja, sob!

Sayangnya mobil tersebut bisa dibilang populasinya sangat terbatas, yakni hanya 106 unit dan sudah habis. Nantinya mobil baru akan diserahkan pada pemilik mulai bulan Februari 2020. Kalau penasaran harganya, McLaren dari keluarga Ultimate Series ini dibanderol sekitar 2,1 juta Euro atau sekitar Rp 32,6 miliar.

Jadi penasaran, apakah salah satu dari 106 unit itu akan dilabuhkan ke Indonesia?